//

PERANCANGAN PROTOTIPE GENERATOR MAGNET PERMANEN 1 FASA JENIS FLUKS AKSIAL PADA PUTARAN RENDAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Leo Noprizal - Personal Name

Abstrak/Catatan

Generator magnet permanen jenis fluks aksial 1 fasa merupakan sebuah mesin penghasil listrik sederhana dengan putaran pada kecepatan rendah. Generaor ini terdiri dari dua bagian yaitu, stator (diam) dengan 12 buah kumparan setiap masing-masing kumparan memiliki 300 lilitan, dan bagian rotor (berputar) yang terdiri dari 24 buah (kutup) magnet jenis Neodymium (NdFeB) dengan ramanen atau nilai kemagnetan yang tinggi sehingga dapat digunakan dalam proses pembangkitan energi listrik tanpa memerlukan sistem eksitasi daya listrik dari sumber lain untuk membangkitkan tegangan pada mesin ini. Generator ini dirancang dengan tipe core less stator dengan diameter 30 cm. Generator jenis fluks aksial dapat digunakan pada pemanfaatan energi potensial baik angin maupun air. Perancangan generator jenis ini diperlukan untuk meminimalkan biaya, memperbesar torsi, dan dapat bergerak dengan kecepatan yang bervariasi. Hasil pengujian diperoleh tegangan RMS sebesar 48.90 Vac dengan frekuensi 48.78 Hz pada pengujian tanpa beban dan 20.74 Vac dengan frekuensi 48.58 Hz pada pengujian berbeban dengan putaran 250 rpm. Beban yang digunakan yaitu 2 buah lampu pijar 24 volt 25 watt yang terhubung secara paralel. Dari hasil pengujian tegangan output generator yang dihubungkan dengan rangkaian penyearah gelombang penuh satu fasa didapat output tegangan 12.12 Vdc pada putaran 250 rmp. Kata kunci : Energi terbarukan, Generator fluks aksial 1 fasa, NdFeb dan Rectifier

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN PROTOTIPE GENERATOR MAGNET PERMANEN 1 FASA JENIS FLUKS AKSIAL PADA PUTARAN RENDAH (Leo Noprizal, 2016)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE GENERATOR AKSIAL 48 KUTUB UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN (Cut Fahra Imania, 2016)

RANCANG BANGUN PROTOTYPE PLTPH MENGGUNAKAN TURBIN OPEN FLUME (Afryantima Siregar, 2015)

PENGEREMAN DINAMIK MOTOR INDUKSI 3 PHASA (Munawar, 2018)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK (PLTO) SISTEM TUAS PELAMPUNG DI KOTA TAPAKTUAN, ACEH SELATAN (Fathanah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy