//

RANCANG BANGUN SAKLAR OTOMATIS BERBASIS PASSIVE INFRARED (PIR) SENSOR DAN SMS GATEWAY UNTUK EFISIENSI PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK (STUDI KASUS PADA LABORATORIUM ENERGI LISTRIK)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riza Akbar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kebutuhan penerangan pada suatu ruangan sangat diperlukan. Lampu penerangan diperlukan untuk membantu kegiatan sehari-hari manusia pada saat cahaya penerangan dari matahari tidak memadai. Terdapat berbagai macam jenis lampu penerangan pada suatu ruangan yang dikendalikan atau dioperasikan melalui satu atau beberapa buah saklar. Saklar inilah yang akan mengontrol lampu penerangan apakah ON atau OFF. Namun dalam keseharian terkadang manusia melakukan pemborosan energi listrik dengan menghidupkan lampu penerangan namun tidak ada aktifitas ataupun keberadaan manusia dalam suatu ruangan. Sehingga penggunaan lampu penerangan pada suatu ruangan menjadi terbuang sia-sia. Pada tugas akhir ini akan dirancang sebuah alat pengontrol lampu penerangan secara otomatis. Pada rancangan alat ini digunakan sensor passive infrared atau disingkat PIR sebagai pendeteksi gerakan atau kehadiran manusia dalam suatu ruangan, mikrokontroller Atmega328 (Arduino Uno) sebagai induk pengontrolan sistem, Modem Wavecom sebagai perangkat kontrol jarak jauh yang dapat menerima pesan singkat atau data yang dikirimkan dan akan dibaca oleh mikrokontroler Atmega328 melalui jaringan gsm dan juga modul Relay sebagai saklar on/off lampu. Dari hasil pengujian didapat hasil saklar otomatis yang dapat bekerja sesuai tujuan yaitu dapat mematikan lampu jika tidak ada subjek yang bergerak diruangan yang ditempatkan sensor PIR dan menghidupkan lampu jika ada subjek yang bergerak. Penerapan saklar otomatis ini dapat menghemat penggunaan energi listrik 80% dari sistem penerangan lampu apabila dengan saklar otomatis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN SAKLAR OTOMATIS BERBASIS PASSIVE INFRARED (PIR) SENSOR DAN SMS GATEWAY UNTUK EFISIENSI PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK (STUDI KASUS PADA LABORATORIUM ENERGI LISTRIK) (Riza Akbar, 2016)

RANCANG BANGUN SISTEM KONTROL PEMAKAIAN LISTRIK SECARA MULTI CHANNEL BERBASIS ARDUINO (Zubaili Isfarizky, 2017)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK RUMAH CERDAS UNTUK MENINGKATKAN KEHANDALAN LISTRIRUMAH TANGGA YANG DISUPLAI DUA SUMBER ENERGI YAITU SUMBER DARI PANEL SURYA DAN PLN MEMERLUKAN SISTEM PENGATUR SUPLAI DAYA KE BEBAN, AGAR PERGANTIAN SUPLAI ENERGI LISTRIK KE BEBAN DAPAT BEKERJA SECARA OTOMATIS, SEHINGGA DAPAT DIKATAKAN RUMAH CERDAS. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MERANCANG PROTOTIPE PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK RUMAH CERDAS GUNA MENINGKATKAN KEHANDALAN DALAM SISTEM KELISTRIKAN DARI SEGI KONTINUITAS PENYUPLAIAN DAYA DAN PENGHEMATAN TAGIHAN LISTRIK. MELALUI PROTOTIPE INI SEBAGAI PEMODELAN UNTUK MELIHAT SISTEM KERJA PENGATUR SUPLAI DAYA BEBAN LISTRIK SAAT MENGGUNAKAN SUMBER LISTRIK PANEL SURYA DAN PLN. PROTOTIPE DIRANCANG MENGGUNAKAN PERANGKAT PLC LOGO SIEMENS 12/24RC TIPE 0BA6 SEBAGAI SENSOR TEGANGAN UNTUK MEMBACA TEGANGAN MASUKAN DARI PANEL SURYA DAN PLN. RANCANG BANGUN PROTOTIPE DIMULAI DENGAN MERANCANG RANGKAIAN SENSOR UNTUK INPUT PLC, RANGKAIAN SENSOR YANG DIRANCANG MEMILIKI KELUARAN PADA RANGE TENGAH PLC (0-10V). UNTUK MEMBUAT PROGRAM PADA PLC SEBAGAI SENSOR TEGANGAN DIHITUNG TERLEBIH DAHULU PARAMETER RANGE TEGANGAN SENSOR YANG AKAN DIPROGRAM AGAR SISTEM DAPAT BEKERJA SESUAI INPUT YANG DIBERIKAN, SELANJUTNYA DIRANGKAI RANGKAIAN RELE SESUAI RANGKAIAN KERJA. HASIL DARI DATA YANG DIPEROLEH PROTOTIPE BEKERJA SECARA OTOMATIS PENYUPLAIAN ENERGI KE BEBAN. PADA SIANG HARI SUMBER ENERGI LISTRIK RUMAH TANGGA DISUPLAI OLEH SUMBER PLN DENGAN DAYA TOTAL ADALAH 56 WATT, PANEL SURYA MELAKUKAN PENGECASAN, SEDANGKAN SAAT MALAM HARI DAPAT DISUPLAI OLEH PLN 30 WATT DAN DI-BACK-UP PANEL SURYA 25.8WATT, SERTA SAAT PEMADAMAN LISTRIK PLN DISUPLAI OLEH SUMBER PANEL SURYA DENGAN DAYA SEBESAR 34.4WATT. (NURLAILA AMNA, 2015)

PENGHEMATAN PENGGUNAAN ENERGI LISTRIK PADA GEDUNG PERKANTORAN DINAS KEUANGAN ACEH (FAJAR FARIS.KA, 2014)

PERANCANGAN SISTEM OTOMATISASI KRAN PENCUCI TANGAN BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535 DAN SENSOR PASSIVE INFRARED RECEIVER (PIR) (waskitahadi, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy