//

GAMBARAN PEMAKAIAN MASKER DAN GANGGUAN SISTEM PERNAPASAN PADA PEKERJA USAHA MEUBEL KAYU DI KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zainuri - Personal Name

Abstrak/Catatan

Bahan pencemaran udara yang berasal dari debu hasil dari proses penggergajian dan pengamplasan kayu di industri meubel dapat mengganggu kesehatan, berupa gangguan sistem pernapasan bila melebihi kadar ambang batas dan paparan yang cukup lama. Kebiasaan menggunakan masker disaat melakukan pekerjaan dapat mengurangi dampak negatif pada pekerja. Data dari Depkes RI tahun 2013, Aceh menduduki urutan provinsi ke-4 yang mengalami penyakit akibat kerja dengan jumlah mencapai 6.666 kasus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pemakaian masker dan gangguan sistem pernapasan pada pekerja usaha meubel kayu di Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1-3 Juli 2016. Jenis penelitian deskriptif dengan desain Cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pekerja yang berjumlah 56 pekerja dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling, alat ukur form obsevasi dan kuesioner dengan metode penelitian observasi dan pembagian angket. Analisa data digunakan untuk melihat distribusi frekuensi. Hasil penelitian diketahui bahwa pemakaian masker pada pekerja usaha meubel kayu di Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh berada pada kategori tidak memakai masker dengan frekuensi 37 responden (66,1%), sedangkan gangguan sistem pernapasan pada pekerja usaha meubel kayu di Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh berada pada kategori ada gangguan sistem pernapasan dengan frekuensi 44 responden (78,6%). Diharapkan kepada pemilik usaha meubel kayu untuk melakukan pencegahan penyakit akibat kerja dengan menyediakan masker kepada pekerja. Kata kunci : Pemakaian masker, gangguan sistem pernapasan, pekerja. Daftar bacaan : 20 buku + 18 jurnal + 2 sumber online (2001-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGETAHUAN PEKERJA MEBEL KAYU TENTANG RESIKO GANGGUAN PERNAPASAN DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH (muhajirin, 2016)

PERKEMBANGAN USAHA BUBUK KOPI MEREK ULEE KARENG DI DESA LAMGAPANG KECAMATAN KRUENG BARONA JAYA KABUPATEN ACEH BESAR, 1960-2015 (Dewi Mentari, 2017)

ESTIMASI EMISI KARBON DARI SAMPAH PERMUKIMAN DENGAN METODE IPCC (INTERGOVERNMENTAL PANEL ON CLIMATE CHANGE) DI KECAMATAN ULEE KARENG, BANDA ACEH (Dedi Sofriadi, 2015)

GAMBARAN POTENSIAL KEKAMBUHAN KLIEN GANGGUAN JIWA DITINJAU DARI MANAJEMEN PEMBERIAN OBAT KELUARGA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2012 (DENI WAHYUNI, 2014)

HUBUNGAN SERUMEN OBSTURAN DENGAN GANGGUAN PENDENGARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI ULEE KARENG (Puteri Moetia Charisma, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy