//

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA JALAN T. HASAN DEK KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Furqan Al Akbar - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jalan T. Hasan Dek merupakan jalan akses dari Simpang Surabaya menuju Simpang Jambo Tape yang memiliki panjang ±800 m. Jalan ini merupakan jalan arteri sekunder yang bertipe empat-lajur, dua-arah dengan median (4/2D). Kawasan di sekitar jalan tersebut merupakan salah satu pusat perekonomian di Kota Banda Aceh, yang terdapat pertokoan dan pusat perbelanjaan yang berdampak pada jumlah tarikan yang menuju kawasan tersebut. Permasalahan pada ruas Jalan T. Hasan Dek Kota Banda Aceh adalah menurunnya kinerja jalan akibat digunakan parkir di badan jalan karena area parkir pertokoan di lokasi penelitian tidak mencukupi. Aktivitas lain di samping segmen jalan yaitu hambatan samping seperti pejalan kaki, kendaraan berhenti/parkir, kendaraan lambat, dan kendaraan yang keluar/masuk sisi jalan. Hal ini menyebabkan kemacetan yang terjadi pada jalan tersebut, oleh karena itu kinerja jalan yang diberikan tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hambatan samping yang terdapat pada Jalan T.Hasan Dek Kota Banda Aceh. Beberapa parameter yang diperlukan untuk analisis perhitungan seperti volume lalu-lintas, kapasitas jalan dan kecepatan tempuh dengan melakukan perhitungan menggunakan metode MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) 1997. Hasil pengolahan data diperoleh untuk volume tertinggi yaitu pada hari Sabtu 21 Mei 2016 pukul 17.00-18.00 WIB sebesar 1385 smp/jam, kapasitas sebesar 2759 smp/jam dan derajat kejenuhan sebesar 0,50. Hambatan samping tertinggi yaitu pada hari Sabtu 21 Mei 2016 pukul 13.00-14.00 WIB sebesar 337 kej./jam (kelas sedang). Dengan merencanakan skenario III penghilangan hambatan samping berupa kendaraan berhenti/parkir (PSV) dan kendaraan keluar/masuk sisi jalan (EEV). Skenario tersebut menurunkan hambatan samping dari 337 kej/jam (kelas sedang) menjadi 68 kej/jam (kelas sangat rendah). Dari hasil penelitian menunjukkan kinerja jalan pada Jalan T. Hasan Dek masih cukup baik dimana derajat kejenuhan masih jauh dari tolok ukur yang disyaratkan MKJI yaitu > 0,75. Kata kunci : Volume Lalu-Lintas, Kecepatan Tempuh, Hambatan Samping, Kinerja Jalan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN TEUKU ABU LAM U (DEPAN PERKANTORAN BALAI KOTA BANDA ACEH) (Arifka Maulana, 2017)

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA PADA JALAN DR. IR. T. MUHAMMAD HASAN (DEPAN KANTOR PUSAT BANK ACEH) STA 0 + 210 S/D STA 0 + 410 (ABRAR MAHMUDA, 2018)

EVALUASI KINERJA JALAN ( STUDI KASUS JALAN TEUKU MUHAMMAD HASAN KOTA BANDA ACEH ) (ILHAM AKBAR, 2014)

PENGARUH KEGIATAN PERPAKIRAN DI BADAN JALAN TERHADAP KINERJA RUAS JALAN HASAN SALEH KOTA BANDA ACEH (rini, 2013)

PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KINERJA RUAS JALAN MATA IE DI PASAR KEUTAPANG DUA ACEH BESAR (Muhammad Ikhsan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy