//

KINERJA TIPIKAL BANGUNAN BETON BERTULANG BERDINDING BATA MERAH DI KOTA BANDA ACEH (SUATU PERMODELAN PORTAL 2 DIMENSI DENGAN MEMVARIASIKAN KEKUATAN STRUT)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fadliansyah Maulana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Konstruksi dinding bata biasa digunakan sebagai partisi pemisah di bagian dalam atau penutup bangunan, terutama pada konstruksi beton bertulang bertingkat rendah dan bertingkat sedang. Pemasangan dinding bata dilakukan setelah struktur utama beton bertulang selesai dikerjakan. Fungsi dinding bata sebagai komponen non-struktural mengakibatkan pengaruh kekuatan dan kekakuan dinding bata merah sering diabaikan dalam perencanaan komponen struktural bangunan. Pada kenyataannya, dinding yang terdiri dari susunan bata merah dan mortar beton tersebut menyumbang kekuatan yang dapat mempengaruhi perilaku struktur bangunan secara signifikan bila menerima beban lateral seperti beban gempa. Untuk itu dibutuhkan penelitian untuk dapat memodelkan pengaruh dinding bata sehingga kinerja bangunan beton bertulang dapat dianalisa. Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah untuk menentukan permodelan dinding bata merah yang paling baik, guna menganalisa kinerja tipikal bangunan beton bertulang berdinding bata yang terdapat di kota Banda Aceh. Bangunan yang akan dianalisa adalah bangunan pertokoan, karena tipe bangunan tesebut banyak ditemui di kota Banda Aceh. Analisa permodelan dilakukan pada portal beton bertulang 2 (dua) dimensi, dan permodelan dinding bata merah diasumsikan sebagai batang diagonal tekan ekuivalen (equivalent diagonal strut). Untuk lebih mudah menganalisa perilaku non-liniernya, diusulkan penggunaan analisa dorong statik (static pushover analysis). Progam komputer SAP2000 mempunyai kemampuan untuk melakukan static pushover, sehingga kinerja tipikal bangunan beton bertulang berdinding bata di Banda Aceh dapat dianalisa. Kekuatan strut yang dipilih dalam menganalisa bangunan beton bertulang berdinding bata berdasarkan peraturan FEMA 356 (2000) karena hasil menunjukkan kekuatan strut tersebut lebih mendekati hasil penelitian laboratorium yang dilakukan Kakaletsis dan Karayannis (2008) dengan angka kesalahan sebesar 17,220%. Hasil dari analisa menunjukkan pengaruh kekuatan dari strut menambah kekuatan portal sebesar 8 kali lipat pada portal arah melintang dan 8,5 kali lipat pada portal arah memanjang. Kinerja struktur untuk portal bangunan arah melintang dan memanjang menunjukkan level Immediate Ocuupancy (IO), yang berarti kondisi portal masih dalam kondisi aman dan segera dapat digunakan kembali pasca gempa. Kata kunci: Dinding bata merah, Equivalent Diagonal Strut, Portal Beton Bertulang, SAP2000, Analisa Pushover, Kinerja stuktur.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMODELAN STRUT PADA DINDING BATA DALAM ANALISIS KINERJA BANGUNAN TIPIKAL KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE PUSHOVER (Muhammad Bahagia, 2016)

ANALISIS KERUNTUHAN BANGUNAN TIPIKAL BETON BERTULANG BERDINDING BATA MERAH DI KOTA BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS PUSHOVER (SUATU PEMODELAN DENGAN MENGGUNAKAN PANJANG SENDI PLASTIS YANG BERBEDA) (Putri Ulvia Rahmah, 2016)

KAPASITAS GAYA LATERAL DINDING DENGAN RC FRAME TERHADAP DINDING BATA PENUH DAN DINDING BATA DENGAN BUKAAN (MUHAMMAD HABIBIE, 2018)

PERILAKU LATERAL PORTAL BETON BERTULANG BERISI DINDING BATA MERAH DAN DINDING PRACETAK FERROFOAM CONCRETE (MUTIA INTAN SARI, 2017)

PENGARU DIMENSI BAJA HOLLOW TERHADAP KEKUATAN PORTAL BIDANG SATU PIAS DENGAN DINDING BETON RINGAN BUSA MENAHAN GAYA HORIZONTAL (Humam, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy