//

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM (MENGIRIM MASALAH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMAN 1TEUNOM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RINALDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model Pembelajaran, Kooperatif Tipe Send A Problem, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran Sejarah. Penelitian ini membahas tentang pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Send A Problem (mengirim masalah) pada mata pelajaran Sejarah di kelas X SMAN 1 Teunom. Studi ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Send A Problem dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah di kelas X SMAN 1 Teunom dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Send A Problem. Penelitian ini akan dilakukan di SMAN 1 Teunom. Pemilihan lokasi ini didasari oleh observasi awal yang penulis lakukan dengan mewawancari dan diskusi dengan guru mata pelajaran Sejarah SMAN 1 Teunom. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-A dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang dan kelas X-B sebanyak 32 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain. Selain itu penelitian ini juga menggunakan metode Field Research (penelitian lapangan) dan Library Research (penelitian pustaka). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi atau hubungan antara siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe send a problem dan pembelajaran konvensional adalah r XY= 3,49. Hal tersebut berarti terdapat korelasi antara variabel X (model pembelajaran kooperatif tipe send a problem) dan Y (pembelajaran konvensional). Berdasarkan analisis uji t diketahui t hitung ≥ t tabel (α=0,05) (19, 94 ≥1,69) maka H1 diterima, H0 ditolak. Pembelajaran dengan model Kooperatif Tipe Send A Problem memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMUM (Zurriati, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SPOTLIGHT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMAN 1 BAITUSSALAM (Runi Afrurida, 2016)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMAN 1 KOTA SABANG (nurmahalis, 2013)

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS RNXI SMAN 8 BANDA ACEH (Sri Ramadiana, 2014)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMAN 6 BANDA ACEH (DYAH NURSINA, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy