//

KATEGORI BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muslem - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI xi + 6 Bab + 51 Halaman + 8 Tabel + 1 Skema + 16 Lampiran MUSLEM 1412101010152 KATEGORI BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI RUKOH BANDA ACEH ABSTRAK Bullying merupakan salah satu masalah yang sering dialami anak. Beberapa jenis bullying yang sering terjadi diantaranya meliputi bullying fisik, bullying verbal, bullying mental/psikologis dan bullying seksual. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di MIN Rukoh Banda Aceh dari hasil wawancara pada 8 siswa dan 5 siswi secara acak diketahui 6 orang mengaku pernah mendapatkan ancaman dari temannya di sekolah, 7 orang pernah dikata-katai dengan perkataan kotor atau ejekan dari temannya, 4 orang pernah dipukul dan didorong oleh temannya, dan 1 orang mengaku sering memukuli temannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kategori bullying pada anak usia sekolah di MIN Rukoh Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan sampel 88 orang, menggunakan teknik pengambilan sampel proportional sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 19-22 Juli 2016, dengan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan cara wawancara. Pengolahan data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian diketahui bullying pada anak usia sekolah di MIN Rukoh Banda Aceh berada pada kategori bullying sedang (53,4%), dengan bullying fisik pada kategori bullying sangat berat (40,9%), bullying verbal pada kategori tidak ada bullying (27,3%), bullying mental/psikologis pada kategori bullying sangat berat (27,3%), dan bullying seksual pada kategori tidak ada bullying (100%). Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi kepada pihak sekolah terkait dengan kasus bullying pada anak usia sekolah, sehingga dapat mengupayakan tindakan pencegahan terjadinya perilaku bullying pada anak, dengan memaksimalkan pemantauan terhadap perilaku anak serta menambahkan bimbingan tentang pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Bullying, Anak usia sekolah Daftar bacaan : 22 buku, 14 jurnal, 4 sumber online (2000-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (Ayu Muspita, 2017)

KEBERADAAN FASILITAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKANRNJASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN DI MADRASAHRNIBTIDAIYAH NEGERI SE-KECAMATAN SUKAMAKMURRNKABUPATEN ACEH BESARRNTAHUN 2012/2013 (Didi Andika, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN RNBULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH RNDI SEKOLAH DASAR KECAMATAN RNSYIAH KUALA BANDA ACEH (EVA PURNAMA SARI, 2015)

PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Sofia Ismarilda Hsb, 2017)

KINERJA KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADARNMAN 2 BANDA ACEH (NURAINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy