//

KATEGORI BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI RUKOH BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muslem - Personal Name
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI xi + 6 Bab + 51 Halaman + 8 Tabel + 1 Skema + 16 Lampiran MUSLEM 1412101010152 KATEGORI BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI RUKOH BANDA ACEH ABSTRAK Bullying merupakan salah satu masalah yang sering dialami anak. Beberapa jenis bullying yang sering terjadi diantaranya meliputi bullying fisik, bullying verbal, bullying mental/psikologis dan bullying seksual. Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di MIN Rukoh Banda Aceh dari hasil wawancara pada 8 siswa dan 5 siswi secara acak diketahui 6 orang mengaku pernah mendapatkan ancaman dari temannya di sekolah, 7 orang pernah dikata-katai dengan perkataan kotor atau ejekan dari temannya, 4 orang pernah dipukul dan didorong oleh temannya, dan 1 orang mengaku sering memukuli temannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kategori bullying pada anak usia sekolah di MIN Rukoh Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan sampel 88 orang, menggunakan teknik pengambilan sampel proportional sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 19-22 Juli 2016, dengan alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan cara wawancara. Pengolahan data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian diketahui bullying pada anak usia sekolah di MIN Rukoh Banda Aceh berada pada kategori bullying sedang (53,4%), dengan bullying fisik pada kategori bullying sangat berat (40,9%), bullying verbal pada kategori tidak ada bullying (27,3%), bullying mental/psikologis pada kategori bullying sangat berat (27,3%), dan bullying seksual pada kategori tidak ada bullying (100%). Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi kepada pihak sekolah terkait dengan kasus bullying pada anak usia sekolah, sehingga dapat mengupayakan tindakan pencegahan terjadinya perilaku bullying pada anak, dengan memaksimalkan pemantauan terhadap perilaku anak serta menambahkan bimbingan tentang pentingnya akhlak dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Bullying, Anak usia sekolah Daftar bacaan : 22 buku, 14 jurnal, 4 sumber online (2000-2015) MINISTRY OF RESEARCH, TECHNOLOGY AND HIGHER EDUCATION SYIAH KUALA UNIVERSITY FACULTY OF NURSING MINI THESIS xi + 6 Chapters + 51 Pages + 8 Tables + 1 Schema + 16 Attachments MUSLEM 1412101010152 BULLYING CATEGORIES ON THE SCHOOL-AGE CHILDREN IN MADRASAH IBTIDAYAH NEGERI RUKOH BANDA ACEH ABSTRACT Bullying is one of the problems often encountered by children. Some types of it happening a lot are physical bullying, verbal bullying, mental/psychological bullying, and sexual bullying. Based on the preliminary study the researcher conducted in MIN Rukoh Banda Aceh, from the result of the interview on 8 male students and 5 female students, randomly, it was obtained that 6 of them admitted to have ever received threats from their friends at school, 7 of them had ever been mocked with dirty words or ridicules by their friends, 4 of them had ever been beaten and pushed by their friends, and 1 of them acknowledged that he often beat his friends. The purpose of the research was to determine the bullying categories on the school-age children in Min Rukoh Banda Aceh. It was a descriptive exploratory with the sample of 88 students, by using a proportional sampling technique. The data collection was done from 19 to 22 July 2016, by using a questionnaire instrument through an interview. Then, the data were analyzed by using univariate analysis. The result of the research revealed that the bullying on the school-age children in MIN Rukoh Banda Aceh was in a medium bullying category (53.4%); the physical bullying was in a very high bullying category (40.9%), verbal bullying was in no bullying category (27.3%), mental/psychological bullying was in a very high bullying category (27.3%), and sexual bullying was in no bullying category (100%). The result of it could be as the information to the school related to the case of bullying on the school-age children, so the school could seek a precaution on the happening of bullying behaviors on the children by maximizing the monitoring of their behaviors, and add guidance on the importance of morality in everyday life. Keywords : Bullying, School-age Children Reading lists : 22 books, 14 journals, 4 online sources (2000-2015)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERILAKU BULLYING PADA SISWA SD NEGERI KECAMATAN BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (Ayu Muspita, 2017)

KEBERADAAN FASILITAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKANRNJASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN DI MADRASAHRNIBTIDAIYAH NEGERI SE-KECAMATAN SUKAMAKMURRNKABUPATEN ACEH BESARRNTAHUN 2012/2013 (Didi Andika, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINDAKAN RNBULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH RNDI SEKOLAH DASAR KECAMATAN RNSYIAH KUALA BANDA ACEH (EVA PURNAMA SARI, 2015)

PERILAKU BULLYING TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Sofia Ismarilda Hsb, 2017)

KINERJA KEPALA MADRASAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH PADARNMAN 2 BANDA ACEH (NURAINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy