//

GANBARAB BEBAN KELUARGA DALAM MERAWAT ANGGOTA KELUARGA DENGAN PENYAKIT DIABETES MELLITUS DI DESA LAMBHEU ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Indah Purnama Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Memberikan perawatan pada anggota keluarga dengan penyakit Diabetes Mellitus dapat menimbulkan beban bagi caregiver (pengasuh) yang mempengaruhi kehidupan keluarga. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi beban keluarga dalam merawat anggota keluarga dengan penyakit Diabetes Mellitus di Desa Lambheu Aceh Besar, meliputi: beban keluarga subyektif, obyektif dan iatrogenik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling yaitu sebanyak 85 responden yang mempunyai anggota keluarga dengan penyakit Diabetes Mellitus. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 25-30 juni 2016 dengan menggunakan teknik wawancara terpimpin dengan alat ukur kuesioner dalam bentuk skala Dichotomus sebanyak 23 item pernyataan. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa univariat. Hasil penelitian didapatkan mayoritas responden menyatakan beban keluarga dalam kategori tinggi (55,3%), beban keluarga subyektif dalam kategori tinggi (65,9%), beban keluarga obyektif dalam kategori tinggi (68,2%), dan beban iatrogenik dalam kategori tinggi (57,6%). Secara keseluruhan keluarga mengalami beban tinggi dalam merawat anggota keluarga dengan penyakit Diabetes Mellitus Di Desa Lambheu Aceh Besar. Kepada tenaga kesehatan diharapkan untuk mengembangkan program pemberdayaan keluarga serta program promosi kesehatan untuk mengurangi beban dalam merawat anggota keluarga dengan penyakit Diabetes Mellitus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG LUKA DIABETES DENGAN KESIAPAN MERAWAT ANGGOTA KELUARGA YANG MENDERITA LUKA DIABETES DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH 2014 (Rizka Intan Maulidia, 2014)

PENGARUH PSIKOEDUKASI TERHADAP BEBAN KELUARGA; SUATU EKSPERIMEN PADA KELUARGA YANG MERAWAT PASIEN SKIZOFRENIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ULEE KARENG BANDA ACEH (Isna, 2018)

EFEKTIFITAS PENYULUHAN KESEHATAN DENGAN SMS TERHADAP KESADARAN DIRI PADA ANGGOTA KELUARGA DENGAN DIABETES MELLITUS DI POLI ENDOKRIN RSUDZA BANDA ACEH (Rikanurrizki, 2017)

MODEL NUMERIK PELUANG PENURUNAN PENYAKIT DIABETES MELLITUS DARI ORANG TUA KEPADA KETURUNANNYA (Adri Syakir, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy