//

COMPARATIVE STUDY PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK BERDASARKAN LAMANYA MENJALANI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nana Warhamna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Gagal ginjal kronik merupakan hilangnya fungsi ginjal sehingga sangat perlu untuk melakukan terapi hemodialisis. Gangguan fisik dan emosional umum dijumpai pada pasien hemodialisis. Perubahan kondisi fisik yang terjadi berupa kardiovaskular, integumen, pulmoner, gastrointestinal serta neuromuskular, sedangkan reaksi emosional berupa ansietas, kemarahan, berduka, dan kehilangan harapan. Hemodialisi merupakan terapi yang banyak digunakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kondisi fisik dan reaksi emosional pasien berdasarkan lamanya menjalani hemodialisis di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh 2016. Jenis penelitian ini berupa deskriptif komparatif. Populasinya seluruh pasien yang menjalani hemodialisis di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling, sebanyak 40 responden yang terdiri dari dua kelompok berdasarkan lamanya menjalani hemodialisis, yaitu ≤ 6 bulan dan > 6 bulan. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala Likert sebanyak 35 pernyataan. Hasil penelitian yang menjalani hemodialisis ≤ 6 bulan didapatkan 18 orang (90%) memiliki kondisi fisik dan reaksi emosional yang kurang baik. Sedangkan yang sudah menjalani hemodialisis > 6 bulan didapatkan hasil yang baik pada kondisi fisik sebanyak 18 orang (90%) dan pada reaksi emosional sebanyak 19 orang (95%). Hasil uji Mann Whitney U test diperoleh p-value=0,000 (α=0,05) pada kedua variabel yang berarti ada perbedaan kondisi fisik dan reaksi emosional pasien berdasarkan lamanya menjalani hemodialisis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, seseorang yang menjalani hemodialisis ≤ 6 bulan, kondisi fisik dan reaksi emosionalnya kurang baik. Penelitian ini diharapkan bagi pihak rumah sakit khususnya pelayanan hemodialisis untuk dapat memberikan konseling secara intensif pada pasien yang menjalani hemodialisis ≤ 6 bulan. Kata Kunci : Kondisi fisik, reaksi emosional, gagal ginjal kronik Daftar Bacaan : 31 buku, 3 skripsi, 26 Jurnal artikel

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

COMPARATIVE STUDY PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK BERDASARKAN LAMANYA MENJALANI HEMODIALISIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Nana Warhamna, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (FARAH ULLYA, 2016)

HUBUNGAN PERAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL GINJAL KRONIS YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (RIDHA MUTIA, 2015)

HUBUNGAN LAMA WAKTU HEMODIALISIS PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK DENGAN STATUS GIZI DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rizkya Ika Fadilla, 2014)

PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH BERDASARKAN JENIS KELAMIN (Maya Zahara, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy