//

HUBUNGAN DEPRESI DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN HIV/AIDS DI POLIKLINIK VCT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Meurah Intan Mardika - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah retrovirus yang merusak sel-sel dalam sistem imun tubuh manusia, gejala awal yang muncul meliputi nyeri tenggorokan, demam, ruam, dan limfadenopati. Apabila gejala ini tidak ditangani dalam 2 - 10 tahun setelah terinfeksi, jumlah CD4 dapat turun hingga < 300 sel/µl, dan kondisi seperti infeksi ragi pada vagina atau mulut, sitomegalovirus, atau herpes simplex persisten mengisyaratkan munculnya Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS). Kondisi ini menyebabkan timbulnya depresi pada pasien HIV/AIDS yang mempengaruhi persepsi pasien terhadap kualitas hidupnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan depresi dengan kualitas hidup pasien HIV/AIDS di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh 2016. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Populasi pasien HIV/AIDS yang melakukan kontrol ulang di Poliklinik VCT Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel non probability sampling serta menggunakan metode consecutive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Alat pengumpulan data dilakukan dengan bentuk daftar pertanyaan berbentuk kuesioner yang diadopsi dari Beck Depression Inventory (BDI) dan WHOQOLHIV-BREF. Analisa data dilakukan dengan univariat dan bivariat (uji statistic Chi-square). Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara depresi dengan kualitas hidup pasien HIV/AIDS di Poliklinik VCT Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh (P-value = 0,001). Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu ada hubungan antara depresi dengan kualitas hidup pasien HIV/AIDS di Poliklinik VCT Rumah Sakit Umum dr. Zainoel Abidin. Saran bagi perawat dan Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh agar dapat memberikan penjelasan kesehatan dan dukungan mental pada pasien HIV/AIDS sehingga dapat mengurangi depresi yang dirasakan pasien. Kata Kunci : Depresi, kualitas hidup, pasien HIV/AIDS Daftar Bacaan : 21 buku + 4 Skripsi + 3 Tesis + 12 jurnal + 14 Sumber Online

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KECEMASAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2016 (RINA RISMAYA, 2016)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

HUBUNGAN PERASAAN KETIDAKBERDAYAAN DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN ULKUS DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Febriyani, 2017)

HUBUNGAN KECEMAMSAN DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN STROKE DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Zulfira Ananda, 2017)

HUBUNGAN KUALITAS HIDUP PASIEN STROKE DENGAN PERAWATAN DIRI (SELF CARE) DI POLIKLINIK SARAF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DESI ISMAYANTI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy