//

PENGARUH PEMBERIAN MUNTINGIA CALABURA L. TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE II DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Apriliana Agustina - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Diabetes melitus ditandai oleh peningkatan kadar glukosa dalam darah atau hiperglikemia. Muntingia calabura L. merupakan tanaman yang berasal dari Amerika tropis dan dibawa masuk ke Filipina pada akhir abad ke-19 sehingga terseber ke seluruh wilayah Asia. Munitngia Calabura L. yang memiliki kandungan sebagai antidiabetes seperti asam askorbat, fiber, betakaroten, riboflavin, tiamin dan niacin dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pemilihan obat bagi pasien diabetes melitus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian Muntingia calabura L. terhadap kadar glukosa darah pada pasien diabetes melitus tipe II di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar 2016. Penelitian dilakukan pada tanggal 27 Mei sampai dengan 3 Juni 2016 dengan cara pemeriksaan glukosa darah sebelum dan sesudah pemberian Muntingia calabura L. Jenis penelitian ini berupa quasi eksperimen dengan one group design dengan jumlah sampel 15 responden. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan analisa bivariat uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yaitu penurunan kadar glukosa darah setelah pemberian Muntingia calabura L. terhadap pasien diabetes melitus tipe II ditandai dengan hasil nilai mean sebelum dan sesudah pemberian (325,13> 202,06) dan selisih rata-rata yang didapatkan dari hasil kadar glukosa darah sebelum dan sudah yaitu 123,07. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diharapkan penelitian ini dapat menjadikan salah satu alternatif pengobatan diabetes melitus secara herbal. Kata kunci : DM Tipe II, muntingia calabura L., glukosa darah Daftar bacaan :15 buku + 11 jurnal + 3 sumber online (2000-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK DAUN KERSEN(MUNTINGIA CALABURA L.) TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DAN STRUKTUR MIKROSKOPIS PANKREAS TIKUS HIPERGLIKEMIK (Nurlena Andalia, 2017)

KORELASI ANTARA KADAR GULA DARAH DENGAN KADAR ASAM URAT PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI POLI ENDOKRINOLOGI RSUDZA BANDA ACEH (Sigit Ananda, 2015)

GAMBARAN KOLONI SPESIES CANDIDA ORAL PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUDZA BANDA ACEH (SALVINIA, 2015)

HUBUNGAN DISFUNGSI SEKSUAL PADA WANITA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN TINGKAT PENGONTROLAN GLUKOSADARAH (Yenny Fitrika, 2014)

HUBUNGAN GULA DARAH PUASA DAN POSTPRANDIAL DENGAN HBA1C PADA PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ENTAN NABILA KASDY, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy