//

KAJIAN HUBUNGAN RASIO HARGA PENAWARAN DAN HARGA PERKIRAAN SENDIRI (HPS) TERHADAP KINERJA WAKTU PENYELESAIAN PROYEK GEDUNG KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Irzha Alvasha - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tingkat kompetisi di dunia bisnis konstruksi terus meningkat secara tajam oleh karenanya strategi penawaran yang bersaing sangat dibutuhkan untuk menjadi pemenang. Hal ini membuat para kontraktor seringkali memberikan harga penawaran jauh lebih rendah dari Harga Perkiraan Sendiri (HPS) untuk memenangkan sebuah proyek. Hal ini menyebabkan kontraktor harus menyediakan biaya dan sumber daya yang memadai untuk menghindarkan keterlambatan proyek. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui adakah hubungan rasio perbedaan harga penawaran dan HPS terhadap kinerja waktu proyek konstruksi gedung di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa harga penawaran, HPS, dan kurva S pada setiap proyek konstruksi gedung tahun 2015 di Kota Banda Aceh dimana data yang didapatkan dari instansi Dinas Pekerjaan Umum Kota Banda Aceh. Total data yang didapatkan sebanyak 31 data dan data tersebut dibagi berdasarkan tiga kelompok durasi yaitu durasi ≤ 75 hari, durasi 75 s/d 150 hari, dan durasi > 150 hari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini rasio tertinggi adalah 15,59%, rasio terendah 0,0 % dan rasio rata – rata adalah 3,40%. Rasio perbedaan harga penawaran terhadap HPS yang memberikan kinerja proyek yang paling dominan untuk proyek berdurasi ≤75 hari adalah rasio 150 hari rasio yang memperlihatkan kinerja yang paling dominan adalah rasio 1 s/d 10%. Penawaran dengan rasio

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN HUBUNGAN RASIO HARGA PENAWARAN DAN HARGA PERKIRAAN SENDIRI (HPS) TERHADAP KINERJA WAKTU PENYELESAIAN PROYEK KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN PADA KABUPATEN ACEH BESAR (Alvisyahri, 2016)

STRATEGI PENETAPAN HARGA PENAWARAN OLEH KONTRAKTOR DI BANDA ACEH (Rifky Trisnanda, 2016)

EVALUASI BIAYA DAN JADWAL PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI DENGAN METODE EARNED VALUE ANALYSIS (STUDI KASUS PEMBANGUNAN GEDUNG SDA SIGLI) (Muhibbuddin, 2015)

ELASTISITAS PENAWARAN KOPI DI WARUNG KOPI KOTA BANDA ACEH (NURKAMARIAH, 2018)

FAKTOR-FAKTOR PERTIMBANGAN PENERAPAN TEKNOLOGI PRECAST TERHADAP KINERJA PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG DI KOTA BANDA ACEH (Rusli Z, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy