//

PERAN KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Pathul Barri - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 01 Agustus 2016 XVI + 6 Bab + 94 Halaman + 14 Tabel + 2 Skema + 13 Lampiran PATHUL BARRI 1412101010139 PERAN KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR ABSTRAK Pelaksanaan posyandu merupakan layanan kesehatan berbasis masyarakat, namun masih belum maksimal dalam menyelenggarakan lima kegiatan utama antara lain Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Keluarga Berencana (KB), Peningkatan Gizi, Imunisasi dan Penanggulangan Diare. Hal ini ditandai dengan cakupan lima kegiatan tersebut pada tahun 2015 masih jauh dari target nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kader dalam kegiatan posyandu di wilayah kerja Puskesmas Darussalam Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 11-16 Juli 2016 dengan cara membagikan kuesioner. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif naratif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling yang berjumlah 29 orang. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kader dalam kegiatan posyandu berada pada kategori kurang baik (62,1%), peran kader dalam memberikan pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) berada pada kategori baik (58,6%), peran kader dalam memberikan pelayanan Keluarga Berencana (KB) berada pada kategori baik (62,1%), peran kader dalam memberikan pelayanan Imunisasi berada pada kategori baik (62,1%), peran kader terhadap peningkatan gizi berada pada kategori kurang baik (51,7%), peran kader terhadap penanggulangan diare berada pada kategori kurang baik (62,1%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, rekomendasi penulis kepada Puskesmas Darussalam untuk melakukan pemberdayaan kader posyandu melalui pelatihan-pelatihan guna menambah pengetahuan dan keterampilan kader dalam pelaksanaan kegiatan posyandu. Kata Kunci : Peran Kader, Kegiatan Posyandu Daftar Bacaan : 32 Buku + 6 Jurnal online (2006-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Pathul Barri, 2016)

PENGETAHUAN DAN PERAN KADER POSYANDU TENTANG GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (MUHAMMAD SAYUTHI, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, DANA INSENTIF, KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA DENGAN PARTISIPASI KADER DALAM PELAKSANAAN POSYANDU DIWILAYAH PUSKESMAS KUTABLANG KABUPATEN BIREUEN (Yanti, 2015)

GAMBARAN KARAKTERISTIK DAN KINERJA KADER KESEHATAN BERDASARKAN TINGKAT PERKEMBANGAN POSYANDU DALAM WILAYAH KERJA PUSKESMAS DI KABUPATEN ACEH BESAR (nana rahmita, 2017)

FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU MEMBAWA BALITA KE POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2012 (RITA JUMIATI, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy