//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU DENGAN PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURUL RACHMAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

vi KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 25 Juli 2016 xvi halaman + VI bab + 79 Halaman + 14 Tabel + 1 Skema + 16 Lampiran NURUL RACHMAH 1207101020003 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU DENGAN PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH ABSTRAK Makanan Pendamping ASI merupakan makanan atau minuman bergizi pendamping ASI yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. MP-ASI diberikan pada anak usia 6-24 bulan, tapi pada kenyataannya tetap saja banyak ibu yang memberikan MP-ASI secara tidak tepat, seperti memberikan makanan pendamping ASI dini (sebelum usia 6 bulan), pemberian makanan padat yang tidak sesuai dengan usia anak, dan memberikan MP-ASI dengan porsi yang terlalu berlebihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu dengan pemberian MP-ASI pada anak (6-24 bulan) di wilayah kerja Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 91 orang ibu yang dipilih dengan teknik proportional sampling. Waktu pengumpulan data dilakukan pada 23 Juni-3 Juli 2016, menggunakan kuesioner dengan cara wawancara terpimpin, kemudian dianalisa menggunakan Chi Square dengan nilai alpha=0,05. Hasil uji statistik diperoleh faktor predisposisi (p-value=0,005), faktor pendukung (p-value=0,036) dan faktor pendorong (p-value= 0,001) yang menunjukkan hubungan dengan pemberian MPASI. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan ada hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu (p-value=0,002) dengan pemberian MP-ASI pada anak usia (6-24 bulan) di wilayah kerja Puskesmas Kopelma Darussalam Banda Aceh. Disarankan kepada tenaga kesehatan agar meningkatkan peran dalam penyuluhan tentang pentingnya pemberian MP-ASI, baik dalam program Posyandu, home visit, dan program-program kesehatan lainnya. Kata Kunci : Faktor perilaku, MP-ASI, ibu, anak Daftar Bacaan : 22 Buku, 6 jurnal, 8 situs internet, 2 Skripsi (2001-2016)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERILAKU USILA DALAM MENJAGA KEBERSIHAN GIGIRNDAN MULUT DI POSYANDU USILA PUSKESMASRNKOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (SUSPINA HUSULA, 2014)

PERBANDINGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK YANG PERNAH MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN YANG TIDAK MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSLAM BANDA ACEH (Roziyanti, 2014)

STUDI KOMPARATIF KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG DENGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM (SARINI VIVI YANTI, 2016)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI ASI DENGAN KECUKUPAN ASI PADA BAYI USIA 1-6 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN DARUSSALAM (Rayhana, 2017)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, SOSIALISASI DAN PERHATIAN MASYARAKAT DENGAN PENGETAHUAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM (Aulia Fachry Amri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy