//

KOORDINASI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN PADA SD NEGERI LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUNAWARAH - Personal Name
SubjectPRINCIPALS
SCHOOL SUPERVISION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Pendidikan bermutu tercipta, apabila koordinasi pengawas dan kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi pendidikan dilakukan secara harmonis, maka akan tercipta suasana proses belajar mengajar yang bermakna dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui koordinasi pengawas dan kepala sekolah dalam: (1) Menyusun program supervisi pendidikan; (2) Implementasi program supervisi pendidikan dan (3) Melaksanakan tindak lanjut hasil supervisi pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui pedoman wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengawas dan kepala sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengawas dan kepala sekolah SD Negeri Lampeuneurut telah menunjukkan koordinasi yang baik dalam menyusun program supervisi pendidikan, program supervisi pendidikan berisi kegiatan peningkatkan kompetensi profesionalisme guru, namun program supervisi masih kurang mengacu pada visi, misi dan tujuan sekolah binaan. (2) Koordinasi pengawas dan kepala sekolah dalam implementasi supervisi dilakukan sesuai dengan program supervisi melalui teknik supervisi yaitu: observasi, pertemuan pribadi dan rapat, akan tetapi waktu yang tersedia dalam pembinaan dan bimbingan guru masih belum merata serta efektif; (3) Koordinasi pengawas dan kepala sekolah dalam tindak lanjut hasil implementasi supervisi pendidikan dilakukan dengan cara langsung memberikan umpan balik melalui pertemuan individu guru yang disupervisi dan secara tidak langsung melaui rapat dengan staf sekolah, namun demikian hasil supervisi tidak terprogram dan terperinci. Dokumentasi hasil laporan tindak lanjut supervisi pendidikan tidak ada. Kata Kunci: Koordinasi, Pengawas dan Supervisi Pendidikan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOORDINASI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK PADA SMA NEGERI 1 DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (ADAM MALIK, 2018)

PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH DAN KOORDINASI SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI UNGGUL LAMPEUNEURUT KABUPATEN ACEH BESAR (DARMINI, 2018)

KEMAMPUAN KEPALA SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PENGAJARAN DI SD NEGERI 4 PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (Alfian, 2018)

PELAKSANAAN SUPERVISI MANAJERIAL OLEH PENGAWAS SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN 3 PERCONTOHAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (AGUSTINA ENDAH EKAWATY, 2017)

SUPERVISI AKADEMIK KEPALASEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DISMA NEGERI I BLANG PIDIE (Jalisal Efendi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy