//

GAMBARAN TINGKAT INSOMNIA BERDASARKAN KARAKTERISTIK LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HAYATUL MAULIDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 19 Juli 2016 xiv + VI BAB + 81 halaman + 5 tabel + 2 skema + 13 lampiran HAYATUL MAULIDA 1207101020102 GAMBARAN TINGKAT INSOMNIA BERDASARKAN KARAKTERISTIK LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH ABSTRAK Seiring proses penuaan lansia mengalami banyak masalah kesehatan akibat penurunan fungsi fisiologis, salah satunya gangguan tidur. Lansia lebih banyak mengeluh terbangun lebih awal dan terbangun pada malam hari sehingga lansia tidak dapat mengembalikan kondisi tubuhnya dengan baik yang mengakibatkan lansia mudah marah, kelelahan, pusing, cemas serta stres yang meningkatkan kecenderungan untuk bunuh diri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran tingkat insomnia berdasarkan karakteristik lansia meliputi usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, konsumsi obat-obatan, kebiasaan merokok, dan minum kopi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi seluruh lansia yang berada di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 30 Juni 2016 s/d 3 Juli 2016. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah total sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan wawancara terpimpin. Hasil penelitian lansia yang mengalami insomnia ringan berusia berusia 60-74 sebanyak 43 responden (61,4%), berjenis kelamin perempuan sebanyak 40 responden (57,1%), berada dalam tingkat pendidikan dasar sebanyak 40 responden (57,1%), tidak mengonsumsi obat-obatan sebanyak 39 responden (55,7%), tidak merokok sebanyak 40 responden (57,1%), dan memiliki kebiasaan minum kopi sebanyak 39 responden (55,7%) sehingga dapat disimpulkan bahwa sebagian besar lansia di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh mengalami masalah gangguan tidur walaupun pada kategori insomnia ringan. Perawat diharapkan agar lebih meningkatkan penyuluhan dan mengajarkan terapi yang dapat digunakan untuk mengurangi atau menghilangkan insomnia pada lansia. Kata Kunci : Insomnia, Lansia Daftar bacaan : 20 buku + 8 jurnal + 7 internet (2001-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA TERHADAP PELAYANAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS RNDINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTERA RNGEUNASEH SAYANG BANDA ACEH RNTAHUN 2013 (Hafizah , 2014)

HUBUNGAN AKTIVITAS DENGAN STRES PADA LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2014 (leni noviani, 2014)

GAMBARAN TINGKAT INSOMNIA BERDASARKAN KARAKTERISTIK LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (HAYATUL MAULIDA, 2016)

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN DEMENSIA PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KAREENG 2015 (aditya, 2015)

ADAPTASI SOSIAL LANSIA DI PANTI JOMPO UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG GAMPONG LAMGLUMPANG KECAMATAN ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (NANDA MUSTIKE, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy