//

PROSES PENILAIAN OLEH GURU PPKN DI SMP SE-KECAMATAN SYAMTALIRA ARON

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syahrul Saumi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Proses Penilaian, guru PPKn Dalam proses belajar mengajar, penilaian mempunyai peranan yang sangat penting. Penelitian ini berupaya menjelaskan proses penilaian oleh guru PPKn di SMP se-Kecamatan Syamtalira Aron. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) teknik yang digunakan oleh guru PPKn dalam menilai, (2) untuk mengetahui prinsip penilaian yang digunakan oleh guru PPKn dan (3) untuk mengetahui hambatan yang di dapati oleh guru PPKn dalam menilai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui teknik yang dilakukan guru dalam menilai, (2) untuk mengetahui prinsip yang digunakan, dan (3) untuk mengetahui hambatan dalam menilai. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang berusaha mendeskripsikan bagaimana cara guru memberikan penilaian. Data di peroleh berupa hasil wawancara dari guru PPKn yang ada di SMP se-Kecamatan Syamtaliora Aron berjumlah 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara. Dari hasil analisis data temuan peneliti dapat di simpulkan bahwa dalam melakukan penilaian pada mata pelajaran PPKn menggunakan metode tes dan non tes. Penilaian berupa tes yang digunakan adalah tes objektif dalam bentuk pilihan ganda atau essay, sedangkan dalam metode non tes yaitu dengan memperhatikan sikap/tingkah laku siswa dalam proses belajar mengajar ataupun dalam keseharian siswa. Dalam melakukan penilaian juga melihat pada prinsip penilaian, hambatan dalam penilaian adalah keterbatasan waktu, selanjutnya perbedaan dari peserta didik dari segi pemahaman juga menjadi hambatan serius dalam hal penilaian. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru PPKn di SMP seKecamatan Syamtalira Aron menggunakan tes sebagai alat utama menilai, guru juga tidak semua menetapkan prinsip penilaian dikarenakan pemahaman peserta didik yang berbeda-beda, hambatan yang guru hadapi adalah tidak tercapainya KKM yang di tetapkan, hambatannya lainnya adalah masalah keterbatasannya waktu. Untuk mendapatkan nilai yang memuaskan, sangat diharapkan guru untuk memperhatikan prinsip penilaian selain memperhatikan tingkah laku, dalam proses pembuatan soal hendaknya meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotorik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MATERI KEBUTUHAN MANUSIA KELAS X PADA SMA NEGERI 1 SYAMTALIRA ARON (Yusmanizar, 2016)

PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TORSO DAN GAMBAR DALAM MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON KABUPATEN ACEH UTARA (Sulaiman, 2014)

PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI OLEH GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 1 SIMPANG KANAN KABUPATEN ACEH SINGKIL (Mutiah Hanum Ahmad, 2014)

KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU PPKN DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SMP DAN SMA KABUPATEN ACEH JAYA (NURFAMITA, 2018)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERORIENTASI PENDIDIKAN BERKARAKTER (Agussalim, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy