//

AKTIVITAS ANTIMIKROBIAL SENYAWA KIMIA DAUN TUMBUHAN CLAUSENA HARMANDIANA TERHADAP BAKTERI ESCHERICHIA COLI DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Reza Fadillah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian terhadap daun Clausena harmandiana yang telah dilaksanakan di Laboratorium Penelitian Kimia FMIPA, Unsyiah bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibakteri senyawa kimia yang terkandung didalam daun tumbuhan Clausena harmandiana erhadap bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Penelitian ini diawali dengan proses ekstraksi menggunakan pelarut n-heksana, diklorometana dan metanol. Hasil uji antibakteri dari ekstrak kasar n-heksana, diklorometana dan metanol menunjukkan aktivitas terkuat pada ekstrak diklorometana pada konsentrasi 10% dengan zona hambat sebesar 9,8 mm terhadap E. coli dan 9,34 mm terhadap S. aureus. Isolasi senyawa dari ekstrak diklorometana dilanjutkan dengan kromatografi kolom gravitasi dan didapatkan 47 fraksi yang kemudian dianalisis secara kromatografi lapis tipis (KLT) dan didapatkan 5 subfraksi gabungan yaitu fraksi A (F¬¬2-F5), fraksi B (F¬¬6-F13), fraksi C (F¬¬14-F22), fraksi D (F¬¬23-F29) dan fraksi E (F¬¬30-F47). Analisis secara KLT, subfraksi B menunjukan adanya senyawa alkaloid (1,45 g) dan dilakukan rekromatografi menghasilkan 21 fraksi. Analisis secara KLT subfraksi B, F13¬-F16 (0,5 g) menunjukan adanya senyawa alkaloid. Subfraksi B (F13¬-F16¬) diuji antibakteri terhadap bakteri E.coli dan S. aureus menghasilkan zona hambat rata-rata sebesar 7 mm lebih kecil dibandingkan ekstrak diklorometana rata-rata sebesar 8,75 mm dengan konsentrasi yang sama. Kata kunci: Clausena harmandiana, Antibakteri, Escherichia coli, Staphylococcus aureuys

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKTIVITAS ANTIMIKROBIAL EKSTRAK N-HEKSANA DARI KULIT BATANG TUMBUHAN CINNAMOMUM SINTOK (Dito Harya Maulana, 2014)

ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN TUMBUHAN GARCINIA LATERIFLORA BLUME (ONE DHARMAWATI SUGMA, 2016)

SKRINING AKTIVITAS TUMBUHAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI BAHAN ANTIMIKROBA DI KAWASAN IE JUE AREA 3 DESA MEURAH (UPFLOW GEOTHERMAL ZONE) KABUPATEN ACEH BESAR (Nisa Ulmuddrika, 2017)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI ESCHERICHIA COLI DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS PADA KEUMAMAH YANG DIJUAL DI PASAR TRADISIONAL LAMBARO ACEH BESAR (Liza Ummamie, 2017)

SKRINING AKTIVITAS TUMBUHAN YANG BERPOTENSI SEBAGAI BAHAN ANTIMIKROBA DI AREA BAWAH KAWASAN IE SEU-UM (OUTFLOW GEOTHERMAL ZONE) ACEH BESAR (saima putri harahap, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy