//

PENGARUH PELAKSANAAN FUNGSI PERAWATAN KESEHATAN KELUARGA TERHADAP TERAPI DIET PENDERITA DIABETES MELLITUS TIPE 2 DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ROSA SOFIANA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Diabetes mellitus (DM) menimbulkan berbagai komplikasi klinis berupa kelainan pada pembuluh darah besar dan pembuluh darah kecil. Salah satu penatalaksanaan DM tipe 2 adalah terapi diet dan penting untuk melibatkan anggota keluarga yaitu dengan melaksanakan fungsi perawatan kesehatan keluarga. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan fungsi perawatan kesehatan keluarga terhadap terapi diet pada penderita DM tipe 2 di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Metode yang digunakan ialah quasy experiment dengan design non equivalent with control group design. Pengambilan responden menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 30 responden kelompok intervensi dan 30 responden kelompok kontrol. Analisa data yang digunakan adalah paired t-test dan independent t-test. Hasil penelitian terdapat perbedaan nilai rerata terapi diet penderita DM tipe 2 kelompok intervensi sebelum perlakuan 19,17 dan sesudah perlakuan 23,70 dengan hasil uji paired ttest didapatkan p value 0,000 (α=0,05). Terdapat pula perbedaaan nilai rerata terapi diet penderita DM tipe 2 kelompok kontrol 19,37 dan kelompok intervensi 23,70 sesudah perlakuan dengan hasil uji independent t-test didapatkan p value 0,000 (α=0,05). Kesimpulan penelitian terdapat pengaruh pelaksanaan fungsi perawatan kesehatan keluarga terhadap terapi diet pada penderita DM tipe 2 di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Keluarga diharapkan dapat menjalankan fungsi perawatan kesehatan keluarga dengan mendukung dan terlibat dalam terapi diet yang dijalankan anggota keluarganya sesuai dengan anjuran petugas kesehatan. Kata Kunci: Fungsi keluarga, Terapi diet, Diabetes Mellitus tipe 2 Daftar Bacaan: 16 Buku, 11 Jurnal, 5 Sumber Online (2002-2016)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Nur Azmi, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN LUKA DIABETIK DI RUANG POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Meilisa Silviana, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG LATIHAN FISIK DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN LATIHAN FISIK PADA PASIEN DIABETES MELLITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (zuhri ramadhan, 2015)

HUBUNGAN PEMBERIAN INFORMASI KESEHATAN OLEH PERAWAT PELAKSANA DENGAN KEPATUHAN DIET PASIEN DM TIPE II DI RUANG MAMPLAM I BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (kartika rahmani, 2014)

UPAYA PENGONTROLAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN RNDIABETES MELITUS TIPE II DI POLIKLINIK ENDOKRIN RNRSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH RNTAHUN 2014 (WAN MILATINA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy