//

GAMBARAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DALAM PEMBERIAN OBAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sajida - Personal Name

Abstrak/Catatan

Keselamatan pasien rumah sakit adalah suatu sistem dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman yang meliputi pengkajian, identifikasi dan pengelolaan hal yang berhubungan dengan risiko pasien, pelaporan dan analisis insiden, kemampuan belajar dari insiden dan tindak lanjutnya serta implementasi solusi untuk meminimalkan timbulnya risiko dan mencegah terjadinya cedera yang disebabkan oleh kesalahan akibat melaksanakan suatu tindakan atau tidak mengambil tindakan yang seharusnya diambil. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran penerapan patient safety dalam pemberian obat di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh tahun 2016. Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan sampel sebanyak 40 perawat pelaksana yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Waktu pengumpulan data tanggal 30 Juni-16 Juli 2016, menggunakan lembar checklist yang terdiri dari 8 item observasi. Hasil penelitian menunjukkan 31 responden (77,5%) tidak menerapkan patient safety dalam pemberian obat dengan lengkap. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bagi pihak rumah sakit untuk dapat meningkatkan penerapan patient safety terutama dalam pemberian obat dengan cara memberikan sosialisasi atau pelatihan kepada perawat pelaksana terkait patient safety dalam pemberian obat dan meningkatkan supervisi kepala ruang terhadap kinerja perawat pelaksana.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DALAM PEMBERIAN OBAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Sajida, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PATIENT SAFETY DENGAN MEDICATION ADMINISTRATION ERRORS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (Putri Indah Mentari, 2016)

HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANG DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (DELVINA JULITA, 2016)

HUBUNGAN MOTIVASI EKSTERNAL PERAWAT DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ANNISA RENGGAYUNI, 2016)

KESIAPAN PERAWAT PELAKSANA MENUJU PENERAPAN INTERNATIONAL PATIENT SAFETY GOAL DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MUHAMMAD AIDIL FIKRI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy