//

HUBUNGAN PERSEPSI REMAJA TENTANG POLA KOMUNIKASI KELUARGA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL DI GAMPONG LAMBHUK KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Meilisa Andriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Masa remaja merupakan masa dimana terjadi berbagai perubahan termasuk perubahan emosional yang dianggap sulit bagi remaja dan lingkungannya. Keluarga merupakan pihak yang dapat membantu remaja pada masa ini, diantaranya dengan menerapkan pola komunikasi yang baik sehingga remaja dapat terhindar dari masalah-masalah emosional seperti depresi dan kenakalan remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan persepsi remaja tentang pola komunikasi keluarga dengan kecerdasan emosional di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlative dengan desain penelitian cross sectional study. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik accidential random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 400 remaja. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 remaja yang berusia 16-19 tahun. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 21-25 Juni 2016 dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk skala Likert. Penelitian ini menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat. Berdasarkan hasil penelitian untuk variabel persepsi remaja tentang pola komunikasi keluarga diperoleh hasil pada kategori pola komunikasi fungsional keluarga 44 orang (55,0%). Gambaran hasil penelitian untuk variabel kecerdasan emosional remaja diperoleh hasil pada kategori baik 42 orang (52,5%). Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai p-value (0,015) < α (0,05) sehingga H0 ditolak yang berarti ada hubungan antara persepsi remaja tentang pola komunikasi keluarga dengan kecerdasan emosional remaja di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh. Disarankan kepada keluarga untuk dapat meluangkan waktu agar dapat berkomunikasi langsung dengan anak remaja sehingga akan terbentuk kecerdasan emosional yang baik dan remaja dapat terhindar dari perilaku-perilaku menyimpang. Kata Kunci : Pola Komunikasi Keluarga, Kecerdasan Emosional, Remaja Sumber bacaan: 34 buku + 5 jurnal online + 6 skripsi + 4 sumber online (1993-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLA ASUH OTORITATIF IBU PEKERJA DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI GAMPONG PANGO RAYA KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Hossa Alfizar, 2016)

GAMBARAN KENAKALAN REMAJA DI GAMPONG LAMBHUK KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (Azziyarni Uchra, 2016)

GAMBARAN TINGKAT KEMANDIRIAN EMOSIONAL REMAJA DI GAMPONG PANGO RAYA KECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (NORA ANGGRAINI, 2016)

POLA KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH LUAR BIASA BUKESRA ULEE KARENG BANDA ACEH (Asyuqah, 2018)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN 2014 (Meta Novitarika, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy