//

ANALISIS PEMILIHAN MODA AKIBAT KEBIJAKAN PENGOPERASIAN BUS TRANS KOETARADJA DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Rahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemilihan moda transportasi merupakan salah satu hal terpenting dalam perencanaan sistem transportasi. Hal ini dikarenakan pentingnya mengetahui karakteristik serta perilaku pengguna moda dalam mendesain sarana dan prasarana transportasi yang akan disediakan. Dalam hal ini, Kota Banda Aceh merupakan kawasan dengan pertumbuhan pengguna angkutan pribadi yang tinggi, oleh sebab itu pemerintah Aceh menerapkan angkutan umum massal bus Trans Koetaradja. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda harus diketahui sebagai landasan dalam pengembangan kebijakan angkutan umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pemilihan moda terhadap penerapan bus Trans Koetaradja dengan angkutan pribadi di Banda Aceh serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan moda. Berdasarkan tujuan penelitian ini, maka dapat diketahui perubahan pemilihan moda dan mengetahui apakah masyarakat dapat beralih dari angkutan pribadi ke angkutan umum bus Trans Koetaradja. Penelitian ini dilakukan di koridor I (APK Keudah-Darussalam dan sebaliknya). Pada studi ini data primer diperoleh dari kuesioner dengan menggunakan teknik Stated Preference (SP), kemudian diolah untuk mendapatkan model pemilihan moda. Parameter model pemilihan moda yang digunakan yaitu Binomial Logit Model dan parameter model diestimasi dengan menggunakan software Nlogit 5. Dari hasil analisis data diketahui bahwa variabel yang berpengaruh dalam pemilihan moda yaitu tingkat pendidikan terakhir, pekerjaan dan tarif. Hasil dari analisis binomial logit model dengan Nlogit 5 didapatkan persamaan utilitas untuk kendaraan pribadi yaitu UPRIBADI = θ0+θ3 X3+θ6X6= -4,350-2,047 X3+2,630X6 dan utilitas untuk Trans Koetaradja yaitu UTK = θ0 + θ6 X6 + θ12 X12 = 2,262 X6+0,00068 X12. Berdasarkan pengolahan data dan hasil analisis data kuisioner, maka dapat diketahui persentase probabilitas untuk masing-masing moda, probabilitas untuk angkutan pribadi yaitu P PRIBADI = 62% sedangkan probabilitas untuk angkutan umum bus Trans Koetaradja yaitu PTK = 38%. Kata Kunci : Pemilihan Moda, Trans Koetaradja, Nlogit 5, Binomial Logit Model.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMODELAN PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN BUS TRANS KOETARADJA DI KORIDOR I APK KEUDAH – DARUSSALAM) (Rafita Varia Nensis, 2016)

ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELLING PADA KORIDOR IV(PUSAT KOTA - AJUN - LHOKNGA) (TJUT RIZQI MAYSYARAH HADI, 2018)

ANALISA AKSESIBILITAS RUTE TRANS KOETARADJA KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (Novida Setiawan, 2016)

PENERAPAN MODEL MIMIC UNTUK MENGKAJI PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA DI KORIDOR I (PUSAT KOTA - DARUSSALAM) MASYARAKAT TERHADAP KEBIJAKAN TRANS KOETARADJA DI KORIDOR I (PUSAT KOTA - DARUSSALAM) (Khalida Surya, 2016)

ANALISIS PERMINTAAN MASYARAKAT TERHADAPTRANSPORTASI UMUM DI KOTA BANDA ACEH (STUDI KASUS TRANS KOETARADJA) (GUSTIKA DERI PRATIWI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy