//

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PENGOBATAN ANTIRETROVIRAL PADA ODHA DI POLIKLINIK VCT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ruslan - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 25 Juli 2016 xv + VI BAB + 79 halaman + 12 tabel + 1 skema + 1 Gambar + 19 lampiran RUSLAN 1412101010156 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PENGOBATAN ANTIRETROVIRAL PADA ODHA DI POLIKLINIK VCT RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Infeksi HIV menjadi masalah kesehatan utama dan penyakit menular yang dapat mempengaruhi kematian ibu dan anak. Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) memerlukan terapi antiretroviral (ARV) untuk dapat menekan jumlah virus. Untuk mendapatkan keberhasilan penggunaan obat ARV maka, diperlukan tingkat kepatuhan yang tinggi. Adapun faktor-faktor yang dapat memepengaruhi tingkat kepatuhan adalah pendidikan, akomodasi, modifikasi faktor lingkungan dan sosial, perubahan model terapi dan meningkatkan interaksi profesional kesehatan dengan pasien. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan pengobatan antiretroviral pada ODHA di Poliklinik VCT Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian seluruh pasien HIV/AIDS yang menjalani kontrol ulang pengobatan di Poliklinik VCT. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 19 sampai 25 Juli 2016. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah nonprobability sampling, sebanyak 30 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk Check list, skala Likert dan skala Guttmen. Hasil penelitian didapatkan dari 30 responden menghasilkan ada pengaruh pendidikan terhadap kepatuhan (p-value 0,044), ada pengaruh akomodasi terhadap kepatuhan (p-value 0,011), ada pengaruh modivikasi faktor lingkungan terhadap kepatuhan (p-value 0,006), ada pengaruh perubahan model terapi terhadap kepatuhan (p-value 0,019) dan ada pengaruh peningkatan interaksi profesional dengan pasien terhadap kepatuhan (p-value 0,011). Perawat Rumah Sakit diharapkan dapat memberikan informasi dukungan/support sistym dari perawat dan keluarga kepada pasien untuk meningkatkan kepatuhan pengobatan ARV Kata Kunci : Kepatuhan, Pengobatan Antiretrovital, ODHA Daftar Bacaan : 19 buku, 5 sumber online, 10 jurnal (2002-2014)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN POLIFARMASI, INFORMASI DAN KEMASAN OBAT TERHADAP KEPATUHAN RNMINUM OBAT PADA LANJUT USIA RNDENGAN HIPERTENSI DI RUMAH RNSAKIT UMUM DAERAH RNDR. ZAINOEL ABIDIN RNBANDA ACEH (Teuku Harmawansyah, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI DENGAN KEPATUHAN PERAWATAN LUKA DIABETIK DI POLIKLINIK ENDOKRIN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Safrina, 2014)

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

HUBUNGAN HEALTH LOCUS OF CONTROL DENGAN KEPATUHAN PENGOBATAN PADA PASIEN GAGAL JANTUNG DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (SRI INTAN KHAIRUNNISA, 2018)

HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN DIET PADA PASIEN PENYAKIT JANTUNG KORONER DI POLIKLINIK JANTUNG RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (LENNY JULIANI LESTARI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy