//

OPTIMASI PRODUKTIFITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT DI PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA MENGGUNAKAN METODE PEMROGRAMAN LINIER

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novita Khanza - Personal Name

Abstrak/Catatan

PT. Lafarge Cement Indonesia merupakan salah satu unit perusahaan yang bergerak dibidang produksi semen yang membutuhkan batu gamping (limestone) sebagai bahan baku utamanya. Target produksi limestone saat ini adalah sebesar 2.000.000 ton/tahun dengan target setiap bulannya sebesar 166.668 ton/bulan, Sedangkan capaian produksi rata-rata perbulan sebesar 140.258 ton/bulan. Untuk memenuhi target produksi, maka harus dilakukan peningkatan produksi dari limestone. Salah satu caranya dengan peningkatan produkstivitas dari alat mekanis, yaitu alat gali muat excavator back hoe CAT 390D dan alat angkut dump truck CAT 773B. Upaya peningkatan produktifitas didasarkan pada hasil optimasi produktifitas menggunakan metode optimasi pemrograman linier dengan alat bantu solver pada microsoft excel. Setelah optimasi menggunakan metode pemrograman linier, terjadi perubahan pada waktu edar (cycle time) dan efisiensi kerja alat mekanis sehingga dapat memenuhi target produksi limestone. Untuk mendapatkan nilai waktu edar (cycle time) dan efisiensi kerja setelah optimasi, maka harus dilakukan sejumlah perbaikan pada kondisi aktual dilapangan. Adapun perbaikan yang harus dilakukan adalah perbaikan kondisi kerja dan kondisi jalan angkut untuk memenuhi waktu edar serta perbaikan pada waktu hambatan kerja guna memenuhi nilai efisiensi kerja setelah optimasi menggunakan metode pemrograman linier.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN TEKNIS PRODUKSI ALAT GALI MUAT DAN ANGKUT PENAMBANGAN BATUBARA PT MIFA BERSAUDARA (T RYO ROSMANDA PARASAMIA, 2018)

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS PADA TAMBANG KUARI BATUGAMPING DENGAN MENGGUNAKAN TEORI ANTRIAN DI PT SINAR TAMBANG ARTHALESTARI, KECAMATAN AJIBARANG, KABUPATEN BANYUMAS, JAWA TENGAH (Muhammad Iqbal, 2017)

EVALUASI JAM KERJA EFEKTIF DAN KESERASIAN KERJA ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 800 SE DENGAN ALAT ANGKUT SCANIA P 420 PADA PENAMBANGAN BATU BARA PIT 1 TIMUR BANKO BARAT PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK (MUHAMMAD FADHIL, 2018)

KAJIAN PRODUKSI DAN BIAYA OPERASI ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT DI PT SEMEN PADANG (PERSERO) TBK, BUKIT KARANG PUTIH INDARUNG SUMATERA BARAT (Hayatun Nufus, 2017)

OPTIMALISASI KERJA ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT DALAM MEMENUHI TARGET PRODUKSI BATU GAMPING SEBESAR 6.000 TON/HARIDIPT. MACMAHON INDONESIA, LHOKNGA, ACEH BESAR. (Muhammad Rifki Syahputra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy