//

HUBUNGAN PENGABAIAN PADA LANSIA DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL DI DESA BLANG KECAMATAN DARUSSALAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dwyna Putri Rahayu - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penurunan fungsi kognitif dan psikomotor pada lansia akan menyebabkan reaksi dan perilaku lansia menjadi lebih lambat, sehingga lansia sangat rentan untuk mengalami pengabaian oleh pihak keluarga, baik secara fisik, psikologis, maupun finansial yang nantinya akan mempengaruhi pemenuhan kebutuhan lansia termasuk kebutuhan spiritual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengabaian pada lansia dengan pemenuhan kebutuhan spiritual di Desa Blang Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel 51 lansia. Pengumpulan data dilakukan tanggal 7-13 Juni 2016, alat pengumpulan data menggunakan kuesioner pengabaian pada lansia yang terdiri dari 21 item pertanyaan dan kuesioner pemenuhan kebutuhan spiritual yang terdiri dari 16 item pertanyaan dalam bentuk skala likert dengan cara ukur wawancara terpimpin. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi-Square dengan confidence interval 95% dan α = 0,05. Hasil analisis data didapatkan ada hubungan yang signifikan antara pengabaian fisik (p = 0,003) dan pengabaian finansial (p = 0,009) dengan pemenuhan kebutuhan spiritual, tidak ada hubungan yang signifikan antara pengabaian psikologis dengan pemenuhan kebutuhan spiritual (p = 0,144), dan tidak ada hubungan yang signifikan antara pengabaian dengan pemenuhan kebutuhan spiritual dengan nilai p = 0,082 (p > α); Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengabaian tidak mempengaruhi spiritual seseorang karena terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi spiritual lansia. Diharapkan kepada keluarga untuk terus memfasilitasi segala kebutuhan lansia termasuk kebutuhan spiritual dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki oleh keluarga, baik secara fisik, psikologis maupun finansial.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGABAIAN DIRI (SELF-NEGLECT) PADA LANJUT USIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR (Ayu Maulida, 2018)

HUBUNGAN SPIRITUAL DENGAN SUCCESFUL AGING PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Zahrul Idami, 2018)

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEBUTUHAN SPIRITUAL DENGAN TINGKAT KECEMASAN DI PANTI SOSIAL KOTA BNADA ACEH (DIAN ISLAMY, 2018)

GAMBARAN PEMENUHAN KEBUTUHAN PSIKOSOSIAL PADA LANSIA DI GAMPONG LAMME GAROET KECAMATAN MONTASIK ACEH BESAR TAHUN 2012 (Sri Nurmala Sari, 2014)

GAMBARAN PENGABAIAN LANSIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS ACEH BESAR (INDAH SUKMA DEWI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy