//

PENGETAHUAN RELAWAN SIAGA BENCANA TERHADAP PENILAIAN KORBAN BENCANA MENGGUNAKAN METODE TRIASE START DI KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NURHAKIKI - Personal Name

Abstrak/Catatan

vi KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 2 Agustus 2016 xiv + VI BAB + 79 halaman + 7 tabel + 1 skema + 18 lampiran NURHAKIKI 1207101020139 PENGETAHUAN RELAWAN SIAGA BENCANA TERHADAP PENILAIAN KORBAN BENCANA MENGGUNAKAN METODE TRIASE START DI KECAMATAN MEURAXA BANDA ACEH ABSTRAK Triase merupakan pemilahan korban dengan cara memberikan korban menggunakan label/kartu triase sesuai dengan berat ringannya cedera tersebut. Relawan siaga bencana (sibat) berjumlah 259 di delapan desa Kecamatan Meuraxa dan dilatih oleh Palang Merah Indonesia sesudah bencana tsunami yang banyak memakan korban, relawan sibat mengabdi untuk di desanya sendiri dan diharapkan mendapatkan materi pelatihan dan kaderisasi setiap tahun sesuai dengan isu yang berkembang, salah satunya memberikan pelatihan dan pengetahuan dengan metode triase start, agar relawan siaga bencana dapat menolong korban bencana. Pada musibah massal, triase start sangat dibutuhkan sebelum pihak kesehatan datang memberikan pertolongan. Tujuan penelitian ini mengetahui tingkat pengetahuan relawan siaga bencana tentang metode triase start. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Metode pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 73 responden. Alat pengumpul data berupa kuesioner terdiri dari 25 item pertanyaan dalam bentuk skala guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan relawan siaga bencana tentang metode triase start di Kecamatan Meuraxa Banda Aceh tahun 2016 berada pada kategori baik dengan 58 responden. Hasil penelitian menunjukkan dari metode triase start, pengetahuan relawan siaga bencana ditinjau dari pernapasan korban baik 66 responden, sirkulasi korban baik 52 responden, dan penilaian tingkat kesadaran baik 59 responden. Disarankan pada PMI yang melatih relawan siaga bencana Kecamatan Meuraxa Banda Aceh agar dapat meningkatkan pelatihan triase dan memperbaharui pelatihan terhadap metode triase start, dan memfasilitasi simulasi bencana dan pertolongan pertama saat bencana agar dapat dilakukan lagi oleh relawan siaga bencana dan sibat tidak melupakan teknik-teknik metode triase start saat bencana terjadi. Kata kunci: Konsep Bencana, Triase Bencana, Kompetensi Relawan, dan Respon Masyarakat. Daftar bacaan: 14 buku, 12 jurnal, 4 skripsi, 9 internet

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT ‘DESA SIAGA BENCANA’ DALAM MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DI KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (Febriana, 2016)

HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN PENGETAHUAN TERHADAP KESIAPSIAGAAN BENCANA TSUNAMI PADA MASYARAKAT DESA PUNGE UJONG KECAMATAN MEURAXA KOTA BANDA ACEH (ICHA PRASETINA, 2016)

KESIAPSIAGAAN GURU DALAM MENGHADAPI BENCANA RNGEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI SEKOLAH DASAR RNNEGERI DI WILAYAH KECAMATAN MEURAXA RNDAN KUTA ALAM: A COMPARATIVE STUDY (ALFIYATUL RAHMI, 2015)

PENDATAAN KEBUTUHAN DAN PEMAHAMAN SEKOLAH SIAGA BENCANA KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (STUDI KASUS SMP NEGERI 1) (MUHAMMAD ICHSAN, 2017)

PENDATAAN KEBUTUHAN DAN PEMAHAMAN SEKOLAH SIAGA BENCANA KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (STUDI KASUS SMP NEGERI 1) (MUHAMMAD ICHSAN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy