//

HUBUNGAN PERAN INFORMAL KELUARGA DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN REHABILITASI PADA PENGGUNA METAMFETAMIN DI PANTI REHABILITASI NARKOBA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Hartini - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 14 Juli 2016 xvii + VI BAB + 78 halaman + 13 tabel + 1 skema + 2 gambar + 24 lampiran SRI HARTINI 1207101020131 HUBUNGAN PERAN INFORMAL KELUARGA DENGAN MOTIVASI MELAKUKAN REHABILITASI PADA PENGGUNA METAMFETAMIN DI PANTI REHABILITASI NARKOBA BANDA ACEH ABSTRAK Keterlibatan peran informal keluarga sangat dibutuhkan terutama dalam meningkatkan motivasi pecandu metamfetamin yang sedang menjalani proses rehabilitasi. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi ada atau tidaknya hubungan antara peran informal keluarga dengan motivasi melakukan rehabilitasi pada pengguna metamfetamin di panti rehabilitasi narkoba Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna metamfetamin yang melakukan rehabilitasi di panti rehabilitasi narkoba Banda Aceh yang berjumlah 64 orang. Teknik pengumpulan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua responden merupakan laki-laki, 57.8% mempunyai peran informal keluarga kategori baik, dan hanya 53.1% mempunyai motivasi yang baik untuk melakukan rehabilitasi. Hasil uji chi square menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara peran informal keluarga dengan motivasi melakukan rehabilitasi pada pengguna metamfetamin (p = 0.000). Dapat disimpulkan bahwa semakin baik peran informal keluarga yang didapat oleh pengguna metamfetamin maka semakin baik pula motivasi untuk melakukan rehabilitasi. Perawat komunitas diharapkan dapat memberikan informasi kepada keluarga akan pentingnya keterlibatan peran keluarga bagi pengguna metamfetamin yang sedang menjalani rehabilitasi. Kata kunci :Peran informal keluarga, motivasi melakukan rehabilitasi Daftar bacaan : 24 buku, 12 jurnal, 7 sumber online, 3 skripsi (2011)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

LABELLING DAN REHABILITASI PADA PECANDU NARKOBA (STUDI DI BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) PROVINSI ACEH) (Risqan Syahira, 2016)

KELUARGA DAN PERILAKU PENGGUNA NARKOBA ( STUDI KASUS PADA TAHANAN LAPAS BIREUEN ) (Rizkia Tanzila, 2018)

TINGKAT KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT PADA PENGGUNA NARKOBA DI PANTI REHABILITASI KOTA BANDA ACEH(RUMOH GEUTANYO DAN YAYASAN TABINA ACEH) (Mona Fandani, 2015)

GAMBARAN PERIODONTITIS PADA RESIDEN DI PUSAT REHABILITASI NARKOBA KOTA BANDA ACEH (STUDI DI PUSAT REHABILITASI RUMOH GEUTANYOE DAN RUMOH HARAPAN ATJEH) (ISMAWATI, 2016)

PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI BANDA ACEH(STUDI KASUS DI PANTI REHABILITASI RUMOH GEUTANYOE, BANDA ACEH) (Muhammad Iqbal, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy