//

HUBUNGAN SPIRITUALITAS DENGAN RESILIENSI PASIEN NAPZA DI RUANG REHABILITASI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI ACEH DI BANDA ACEH TAHUN 2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAZIRA MAULIDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 21 Juli 2016 xiv halaman + VI BAB + 86 halaman + 15 tabel + 1 skema + 19 lampiran SAZIRA MAULIDA 1207101020030 HUBUNGAN SPIRITUALITAS DENGANRESILIENSI PASIEN NAPZA DI RUANG REHABILITASI RUMAH SAKIT JIWA PROVINSI ACEH DI BANDA ACEH TAHUN 2016 ABSTRAK Banyak masyarakat mengalami gejala hilangnya kebermaknaan spiritualitas yang mengakibatkan terjadinya penurunan kebahagiaan dan kesejahteraan psikologi. Akibatnya kekerasan banyak terjadi dan seolah menjadi cara menyelesaikan masalah. Bahkan diantaranya melakukan perilaku merusak diri sendiri seperti penyalahgunaan NAPZA. Salah satu cara yang digunakan untuk memulihkan pengguna NAPZA adalah dengan rehabilitasi. Kemampuan pengguna NAPZA kembali normal disebut resiliensi. Akan tetapi dibutuhkan spiritualitas yang baik agar dapat mempertahankan resiliensi. Spiritualitas tersebut terdiri dari agama, iman, harapan, transedensi, dan pengampunan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan spiritualitas dengan resiliensi pasien NAPZA di Ruang Rehabilitasi Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh di Banda Aceh Tahun 2016. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 10 sampai dengan 17 Juni 2016. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Teknik pengumpulan data dengan membagikan angket pada pasien NAPZA yang dibantu oleh perawat pelaksana yang bertugas di ruang tersebut dalam bentuk skala Likert yang terdiri dari 31 pernyataan. Metode analisis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara spiritualitas (p-value 0,025) dengan resiliensi pasien NAPZA di Ruang Rehabilitasi NAPZA Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh di Banda Aceh tahun 2016. Dengan taraf signifikansi yang telah di sebutkan maka dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat hubungan antara kelima subvariabel spiritualitas dengan resiliensi. Diharapkan pada penyedia kesehatan, keluarga serta masyarakat agar dapat memberikan dukungan spiritualitas untuk mempertahankan dan meningkatkan resiliensi pada pasien rehabilitasi NAPZA Rumah Sakit Jiwa Provinsi Aceh di Banda Aceh. Kata kunci : Spiritualitas, resiliensi, NAPZA Daftar bacaan : 16 buku + 10 skripsi + 5 jurnal + 3 artikel ( 2000–2015 )

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN KEMAMPUAN RESILIENSI PENGGUNA NAPZA DI PANTI REHBILITASI RUMOH GEUTANYO DAN BADAN NARKOTIKA NASIONAL PROVINSI ACEH DI BANDA ACEH TAHUN 2013 (Wisdawati, 2014)

PERANCANGAN RUMAH SAKIT JIWA ACEH TEMA : NATURALLY HEALTY (Fahzul Kabir, 2017)

GAMBARAN AKTUALISASI DIRI KLIEN REHABILITASI NAPZA DI RUMAH SAKIT JIWA INSTALASI REHABILITASI NAPZA RUMOH HARAPAN ATJEH BANDA ACEH TAHUN 2013 BANDA ACEH (ABDUL MAKRUF IRSYADI, 2014)

KARAKTERISTIK SPIRITUALITAS PASIEN KANKER DENGAN TINDAKAN KEMOTERAPI DI RUANG RAWAT INAP MAMPLAM III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2013 (juwita, 2014)

PERAN RUMAH SAKIT JIWA ACEH DALAM UPAYA PEMBERIAN PELAYANAN REHABILITASI BAGI PENDERITA GANGGUAN JIWA YANG TERLANTAR (Putri Namira, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy