//

PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK PADA TK A DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mutia Afnida - Personal Name

Abstrak/Catatan

Afnida, Mutia. 2016. Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Pengembangan Bahasa Anak pada TK A di Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Fakhriah, M.Pd., (2) Dewi Fitriani, S.Ag, M.Ed Kata Kunci: Penggunaan Buku Cerita Bergambar, Kemampauan Bahasa Anak, Peran Guru Gambar merupakan salah satu media yang dapat memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan anak, seperti pada buku cerita bergambar. Setiap anak memiliki kemampuan bahasa yang berbeda, termasuk dalam memahami cerita bergambar ataupun lambang huruf yang mewakili cerita yang terdapat didalam buku bergambar. Tingkat kemampuan guru dalam memanfaatkan buku cerita pada proses pembelajaran juga mempengaruhi perkembangan bahasa anak. Berdasarkan tingkat pencapaian perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun pada Permendikbud No 137 tahun 2014 juga dijabarkan dalam bentuk rentang kemampuan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan buku cerita bergambar berpengaruh dalam pengembangan bahasa anak pada TK A di Banda Aceh. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian kualitatif dengan menggunakan observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penggunaan yang dilakukan oleh guru terhadap buku cerita bergambar dalam pengembangan bahasa anak pada TK A di Banda Aceh, diantaranya: 1) Guru melakukan pengembangan kemampuan bahasa anak dengan cara meminta anak mengulang cerita menggunakan buku cerita bergambar sehingga minat dan kemampuan bahasa anak menjadi lebih baik, 2) Guru hanya terfokus dalam penyampaian isi cerita bukan terhadap pengembangan kemampuan bahasa anak sehingga minat anak terhadap buku cerita menjadi berkurang serta mengakibatkan kemampuan bahasa anak kurang berkembang, 3) Guru menggunakan buku cerita bergambar ketika tidak ada lagi kegiatan pembelajaran dikarenakan sistem pembelajaran terfokus pada hafalan surah dan doa, hal tersebut berdampak terhadap minat serta kemampuan bahasa anak yang menjadi tidak terarah dengan baik. Simpulan penelitian ini adalah peran guru sangat berpengaruh terhadap tingginya tingkat kemampuan bahasa anak yang dapat diraih jika guru dapat membangkitkan semangat anak, serta memanfaatkan penggunaan buku cerita bergambar dalam pengembangan bahasa anak. Hal tersebut sesuai dengan penggunaan buku cerita bergambar yang dilakukan oleh PAUD Cinta Ananda dengan melakukan interaksi tanya jawab kepada anak selama bercerita sehingga tingkat kemampuan bahasa anak berada pada posisi tingkat kemampuan ke-3.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK PADA PAUD NURUL HIDAYAH KECAMATAN DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Fatmazahratun Nuraini, 2016)

ANALISIS NILAI KARAKTER DALAM CERITA ANAK KECIL-KECIL PUNYA KARYA (Fitri Wianti, 2018)

UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF MELALUI APE BKARTU ANGKA BERGAMBAR DI TK BUNGONG SEULANGA LAMTEUBA DRO KABUPATEN ACEH BESAR (Zaiyannal Isma, 2016)

ANALISIS UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT DALAM BUKU HIKAYATOLOGI ACEH (CHAIRUL FAJAR, 2016)

MEMPERKENALKAN HURUF ABJAD MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA ANAK TK SATU ATAP SDN 2 LAMTEUBA KABUPATEN ACEH BESAR (Ellizyar Sahnun, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy