//

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PATIENT SAFETY DENGAN MEDICATION ADMINISTRATION ERRORS DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Putri Indah Mentari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penerapan patient safety pada pasien rawat inap dapat mempercepat proses penyembuhan dan memperpendek masa rawatan pasien di rumah sakit. Medication administration errors adalah suatu kesalahan yang dilakukan perawat saat pemberian obat yang tidak tepat kepada pasien. Perawat yang memiliki pengetahuan lebih baik dapat dilihat dari cara perawat memberikan asuhan keperawatan dengan memberikan perioritas pada keselamatan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan perawat tentang patient safety dengan medication administration errors di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Banda Aceh. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik total sampling pada ruang rawat inap dengan 80 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan Chi-square dengan sistem komputerisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan pengetahuan perawat tentang patient safety dengan medication administartion errors dengan p=value 0,048. Diharapkan kepada rumah sakit umum daerah meuraxa Banda Aceh untuk dapat meningkatkan pengetahuan perawat dengan memberikan pelatihan serta seminar sehingga perawat dapat menghindari terjadinya medication administration errors di rumah sakit. Kata Kunci : Pengetahuan patient safety, Medication administration errors, Rawat inap Daftar Bacaan: 11 Buku, 1 Thesis, 3 Skripsi, 6 Jurnal, 8 sumber online

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN UPAYA PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINBANDA ACEH TAHUN 2014 (Fittri Yanti, 2014)

HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA RUANG DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH (DELVINA JULITA, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG FASE KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KETERAMPILAN DALAM PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH 2013 (CUT IRMA SUKRIA, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT PELAKSANA DENGAN PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING DI RUANG RAWAT INAP RSUD MEURAXA BANDA ACEH (AHMAD NURJIHADUDDIN, 2016)

HUBUNGAN MOTIVASI EKSTERNAL PERAWAT DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (ANNISA RENGGAYUNI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy