//

GAMBARAN PENGLIHATAN LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ARIEF MUNANDAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

vi KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITA SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 26 JULI 2016 xiv + VI Bab + 64 halaman + 5 tabel + 1 skema + 16 lampiran ARIEF MUNANDAR 1207101020022 GAMBARAN PENGLIHATAN LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH ABSTRAK Seiring proses penuaan lanjut usia telah mengalami penurunan penglihatan. Penglihatan pada lanjut usia umumnya merupakan penurunan sensitivitas dan efisiensi kerja indera penglihatan. Penurunan penglihatan yang terjadi pada lanjut usia yaitu fisiologi penglihatan yang berkurang, penurunan kemampuan mata untuk melakukan akomodasi dan penglihatan warna. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penglihatan lanjut usia akibat proses penuaan di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh tahun 2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 72 orang dengan jumlah sampel 68 responden. Pengumpulan data penelitian dilakukan pada tanggal 24 juni sampai dengan 28 juni 2016 dengan menggunakan kuesioner melalui teknik wawancara terpimpin. Hasil analisa univariat didapatkan lanjut usia yang mengalami penurunan penglihatan sebanyak 52 responden (76,5%) dan tidak mengalami penurunan penglihatan sebanyak 16 responden (23,5%), lanjut usia yang mengalami penurunan kemampuan akomodasi mata sebanyak 60 responden (88,2%) dan lanjut usia yang mengalami penurunan penglihatan warna sebanyak 56 (82,4%). Hasil penelitian ini adalah lanjut usia yang berada di UPTD Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Ulee Kareng Banda Aceh sebagian besar mengalami penurunan penglihatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada dinas terkait agar menciptakan penerangan yang cukup, menciptakan ruangan yang kondusif dan memfasilitasi lanjut usia untuk pemeriksaan mata secara intensif. Kata kunci : lanjut usia, penglihatan Daftar bacaan : 21 buku + 5 jurnal + 3 artikel + 5 sumber online (2000-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN DEPRESI PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (fadhlianur, 2016)

HUBUNGAN INKONTINENSIA URINE DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIK DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (ERNI MEUTIA RANI, 2016)

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

GAMBARAN PERIODONTITIS KRONIS PADA USIA LANJUT DI UPTD RUMOH SEUJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG KOTA BANDA ACEH (Rauzha Wulana Cindy, 2016)

GAMBARAN KOLONISASI CANDIDA ORAL PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (Muliana Sari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy