//

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PERAWAT PELAKSANA DALAM MEMBUANG LIMBAH MEDIS DAN NON MEDIS DI RUANG PERAWATAN INTENSIF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRA KASMIRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 28 Juli 2016 xv + VI Bab + 67Halaman + 6 Tabel + 1 Skema + 16 Lampiran Ira Kasmira 1207101020054 GAMBARAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PERAWAT PELAKSANA DALAM MEMBUANG LIMBAH MEDIS DAN NON MEDIS DI RUANG PERAWATAN INTENSIF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH ABSTRAK Pembuangan limbah medis dan non medis yang baik adalah salah satu kegiatan penyehatan lingkungan rumah sakit yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dari bahaya pencemaran lingkungan dan penyebaran penyakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan keterampilan perawat pelaksanan dalam membuang limbah medis dan non medis di Ruang Perawatan Intensif Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian adalahdeskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana di ruang perawatan intensif dengan sampel 99 orang.Teknik pengumpulan sampel adalah total sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dalam bentuk angket sebanyak 15 pertanyaan dan lembar observasi sebanyak 6 pernyataan.Pengolahan data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian diketahui bahwa pengetahuan perawat pelaksana tentang pembuangan limbah medis dan non medis berada pada kategori baik (75,8%) dan keterampilan perawat pelaksana dalam membuang limbah medis dan non medis berada pada kategori kurang (52,5%). Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan informasi kepada pihak rumah sakit untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) khususnya perawat pelaksana dalam bentuk pelatihan ataupun worshop mengenai pengelolaan limbah medis dan non medis. Kata kunci : Pengetahuan, Keterampilan, Limbah Medis dan Non Medis, Perawat Pelaksana Daftar Bacaan : 16 buku, 5 jurnal, 2 sumber internet (2002-2013)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EDUKASI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PETUGAS MEDIS DALAM PENGELOLAAN LIMBAH MEDIS PADAT (WIKU S TRI YOGASMARA, 2018)

KOMPETENSI PERAWAT DALAM PERAWATAN KATETERRNURIN DI RUANG JEUMPA RUMAH SAKIT UMUMRNDAERAH DR. ZAINOEL ABIDINRNBANDA ACEHRNTAHUN 2012 (syarifah rahmati, 2014)

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRES KERJA PERAWAT PELAKSANA DI RUANG INTENSIVE RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2014 (Arza Rufli, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN PERAWAT DENGAN UPAYA PENERAPAN PATIENT SAFETY DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDINBANDA ACEH TAHUN 2014 (Fittri Yanti, 2014)

PERKEMBANGAN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 1979-2016 (Fitriana Dewinta, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy