//

ANALISIS KEBISINGAN DAN KEKASARAN PERMUKAAN PADA PEMOTONGAN DENGAN MENGGUNAKAN POLA LURUS PADA MESIN AGMA A8

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Prima Syahputra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perkembangan globalisasi otomasi industri menuntut industri manufaktur harus mampu bersaing dalam beberapa faktor penting, seperti peningkatan kualitas produk, kecepatan proses manufaktur, penurunan biaya produksi, proses produksi yang aman dan ramah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kebisingan dan tingkat kekasaran permukaan menggunakan tiga mata potong yang berbeda, yakni mata potong HSS End Mill 2 Flute, HSS End Mill 4 Flute, HSS End Mill Ball 2 Flute dengan pemotongan pola lurus. Pemotongan ini dilakukan dengan menggunakan mesin AGMA A8 di Laboratorium Desain dan Manufaktur Universitas Syiah Kuala pada pukul 23.35 WIB untuk menghindari adanya gangguan bising yang tidak diinginkan dengan menggunakan alat ukur Sound Level Meter. Pengujian dilakukan selama ± 2 menit dengan tiap-tiap kedalaman potong 0.5 mm, 0.75 mm, 1 mm dan 2 mm, penutupan ruang mesin CNC disarankan. Tingkat kebisingan rata-rata (L50) pada mata potong HSS End Mill 2 Flute mencapai 72.8 dBA, HSS End Mill 4 Flute mencapai 65.8 dBA dan HSS End Mill Ball 2 Flute mencapai 61.5 dBA. Tingkat kekasaran yang paling kasar terjadi pada pemotongan dengan kedalaman 2 mm, pada mata potong HSS End Mill 4 Flute mencapai 3.02 µm, HSS End Mill 2 Flute mencapai 4.15 µm dan HSS End Mill Ball 2 Flute mencapai 1.07 µm. Dari hasil pemotongan ini diketahui bahwa tingkat kekasaran dan kebisingan tertinggi terdapat pada mata potong HSS End Mill 2 Flute pada kedalaman potong 2 mm.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KEKASARAN PERMUKAAN PROSES FINISHING TOOL STEEL DENGAN VARIASI SUDUT KONTAK PAHAT POTONG BALL NOSE/BALL END MILL (Hasrul rizki, 2014)

PENGARUH KECEPATAN PEMOTONGAN TERHADAP INTEGRITAS PERMUKAAN DENGAN PAHAT END MILL 4 SLOT PADA BAHAN ALUMINIUM (Teuku Miftah Faridl, 2015)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP GAYA POTONG MATERIAL KOMPOSIT LAMINAT DENGAN PENGUAT SERAT RUBEK (CALOTROPIS GIGANTEA) (Zumairi, 2015)

PENGARUH KEDALAMAN POTONG TERHADAP KERATAAN DAN KEKASARAN PERMUKAAN PADA PROSES FACE DAN END MILLING MENGGUNAKAN MESIN CNC HEADMEN ZXK-32B (Miftahul Jannah Ibr, 2018)

PENGARUH PARAMETER PEMOTONGAN TERHADAP KUALITAS PERMUKAAN MATERIAL KOMPOSIT DENGAN PENGUAT SERAT RUBEK (CALOTROPIS GIGANTEA) PADA PROSES MILLING (jufrizal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy