//

TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RAHMATUR RAUDHA - Personal Name

Abstrak/Catatan

vi KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 29 Juni 2016 xiv halaman + VI bab + 58 halaman + 7 tabel + 1 skema + 17 lampiran RAHMATUR RAUDHA 1207101020080 TINGKAT STRES DAN STRATEGI KOPING PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA ABSTRAK Sistem pembelajaran di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala sering kali membuat mahasiswa mengeluh terbebani ketika berhadapan dengan tugas dan jadwal perkuliahan yang begitu padat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat stres dan strategi koping pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Desain penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program Reguler A angkatan 2012-2015 dengan sampel sebanyak 81 mahasiswa yang dipilih dengan teknik proportional sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 21-28 Juni 2016, menggunakan instrumen kuisioner Perceived Stress Scale (PSS) dan modifikasi dari Ways of Coping yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 84,0 % responden mengalami stres sedang, 12,3 % mengalami stres berat, dan 3,7 % mengalami stres ringan. Strategi koping yang paling dominan digunakan responden adalah strategi koping yang berfokus pada emosi (61,7%) dan sedikit yang berfokus pada masalah (38,3%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala berada pada tingkat stres sedang dengan strategi koping yang berfokus pada emosi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan bagi mahasiswa untuk tetap memperhatikan tingkat stres yang dialami dan mampu menggunakan strategi koping secara tepat sesuai dengan apa yang dirasakan. Kata Kunci : Stres, strategi koping, mahasiswa, keperawatan Daftar Bacaan : 19 buku, 7 jurnal, 5 situs internet, 6 skripsi (1984-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SELF-EFFICACY, STRATEGI KOPING, DAN STRES PADA MAHASISWA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI UNIVERSITAS NEGERI DI BANDA ACEH (EVY MAULYA, 2017)

HUBUNGAN STRATEGI KOPING DENGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG METODE PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (M RIJALUL FAKHRI, 2018)

PERBEDAAN STRES MAHASISWA PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASISRNKOMPETENSI DAN KURIKULUM BERBASIS ISI FAKULTAS KEPERAWATANRNUNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH 2014 (Cut Sarach, 2014)

GAMBARAN STRES DAN STRATEGI KOPING PADA PASIEN YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI INSTALASI DIALISIS RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Putri Vera Febrina, 2013)

TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MENGHADAPI TOEFL SEBAGAI SYARAT MENGIKUTI UJIAN SKRIPSI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (CATURI YUNNI NOESIKA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy