//

JUMLAH CEMARAN MIKROB PADA DAGING SAPI YANG DITAMBAHKAN EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) PADA KONSENTRASI DAN LAMA PENYIMPANAN YANG BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HANISAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mempelajari pengaruh penambahan daun kari dalam bentuk ekstrak dengan konsentrasi dan lama penyimpanan yang berbeda terhadap total mikrob pada daging sapi segar. Penelitian ini menggunakan 36 sampel daging dengan metode rancangan acak lengkap pola faktorial dengan tiga kali ulangan, dengan konsentrasi 0%, 25%, dan 50%, disimpan pada suhu 4-10oC. Pemeriksaaan mikrobiologi daging menggunakan metode tuang (pour plate). Pengamatan dilakukan setiap 3 hari sekali yaitu pada 0, 3, 6, dan 9 hari. Parameter yang diamati adalah total bakteri (Cfu/g). Data diolah menggunakan analysis of varience dan hasil berbeda nyata diuji lanjut dengan uji Duncan. Pengamatan jumlah mikrob pada hari ke-0 yang konsentrasi 0%, 25%, dan 50% adalah 2,7x102 Cfu/g, 2,2 x102 Cfu/g dan 6,8 x101 Cfu/g, boleh dikonsumsi karena dibawah batas maksimum cemaran mikrob yaitu 1x104 Cfu/g sesuai dengan SNI 01-6366-2000, sedangkan pengamatan pada hari ke-3 konsentrasi 0%, sudah melebihi batas maksimum cemaran mikrob. Pengaruh penggunaan ekstrak daun kari (M. koenigii) sangat berpengaruh nyata (P0,01). Penggunaan ekstrak daun kari konsentrasi 50% pada daging sapi mampu mengurangi total mikrob sehingga dapat memperpanjanng masa simpan daging.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) DALAM MENGHAMBAT PERTUMBUHAN ENTEROCOCCUS FAECALIS (Khaula Dhanisya, 2015)

PEMBERIAN EKSTRAK DAUN MENGKUDU (MORINDA CITRIFOLIA L.) TERHADAP JUMLAH TOTAL CEMARAN BAKTERI PADA DAGING SAPI (DIAN AFRINA, 2018)

KUALITAS FISIK DAN ORGANOLEPTIK DAGING SAPI DENGAN PENGGUNAAN INFUSA DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) (Baida Murliana, 2016)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK PADA MUKOSA ORAL(PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Dini Alsandy, 2014)

EFEK EKSTRAK DAUN KARI (MURRAYA KOENIGII) TERHADAP AWAL PEMBUSUKAN DAGING SAPI (Akmal Safrijal Sa, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy