//

TINGKAT KECEMASAN PADA LANSIA YANG MENGALAMI PENYAKIT KRONIS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Uswatun Khasanah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Semakin bertambahnya usia, lansia menjadi lebih rentan terhadap berbagai keluhan fisik, baik karena faktor alamiah seperti menurunnya daya tahan tubuh maupun karena faktor penyakit, salah satunya adalah penyakit kronis. Lansia dengan penyakit kronis akan menunjukkan berbagai masalah psikis salah satunya adalah kecemasan yang akan berdampak pada penurunan aktivitas fisik dan status fungsional, persepsi tentang kesehatan yang buruk, penurunan kepuasan dan kualitas hidup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecemasan pada lansia yang mengalami penyakit kronis di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumoh Seujahtra Geunaseh Sayang Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 30 Juni – 3 Juli 2016. Desain penelitian deskriptif, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 50 lansia yang mengalami penyakit kronis (Hipertensi, penyakit sendi dan Diabetes Melitus) dengan jumlah sampel 37 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terpimpin dengan menggunakan kuesioner Hamilton Rating Scale for Anxiety (HRS-A) yang terdiri dari 14 item pertanyaan. Metode analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis distribusi frekuensi. Hasil penelitian diperoleh 18 lansia (48,6%) mengalami tingkat kecemasan sedang. Direkomendasikan bagi pihak panti untuk memberikan intervensi lebih lanjut baik dalam hal pemberian terapi farmakologis maupun terapi nonfarmakologis seperti mengajarkan teknik relaksasi napas dalam, zikir dan memberikan kegiatan-kegiatan rutin pada lansia untuk menurunkan tingkat kecemasan. Kata Kunci : Lansia, Kecemasan, Penyakit kronis Daftar Bacaan : 23 buku, 11 jurnal, 4 artikel, 1 skripsi (2001 – 2016)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN HIPERTENSI DENGAN DEMENSIA PADA LANJUT USIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS RUMOH SEJAHTERA GEUNASEH SAYANG ULEE KAREENG 2015 (aditya, 2015)

TINGKAT KECEMASAN PADA LANSIA YANG MENGALAMI PENYAKIT KRONIS DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG BANDA ACEH (Uswatun Khasanah, 2016)

HUBUNGAN INKONTINENSIA URINE DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI UNIT PELAKSANA TEKNIK DINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH (ERNI MEUTIA RANI, 2016)

GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN LANSIA TERHADAP PELAYANAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS RNDINAS (UPTD) RUMOH SEUJAHTERA RNGEUNASEH SAYANG BANDA ACEH RNTAHUN 2013 (Hafizah , 2014)

HUBUNGAN KEIKUTSERTAAN SENAM LANSIA DENGAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA LANSIA DI UPTD RUMOH SEUJAHTRA GEUNASEH SAYANG ULEE KARENG BANDA ACEH TAHUN 2015 (cut muliani, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy