//

KINERJA JALAN NASIONAL AKIBAT PENGARUH UROE PEUKAN PADA RUAS JALAN BAITURRAHMAN KOTA MATANG GEULUMPANG DUA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang khairuddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Matang Geulumpang Dua merupakan kota terletak di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen yang berdekatan dengan Jalan Lintas Sumatera. Pada daerah ini diadakan pasar mingguan atau Uroe Peukan yaitu setiap hari Kamis. Hal ini menyebabkan Jalan Baiturrahman sebagai akses utama yang langsung berdekatan dengan pasar ini kemungkinan akan terjadi kepadatan lalu-lintas yang tinggi serta meningkatnya delay. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pada ruas Jalan Baiturrahman selama kondisi Hari Peukan yang ada di Kota Matang Geulumpang Dua. Data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder, data primer antara lain data volume lalu lintas, hambatan samping dan geometrik jalan. Data sekunder berupa peta jaringan jalan dan jumlah penduduk Kabupaten Bireuen. Pengambilan data dilakukan selama 12 jam, mulai dari jam 7:00 Wib sampai 19:00. Data dicatat dengan interval waktu 15 menit di lapangan (kendaraan/15 menit) selama 12 jam. Pengambilan data dilakukan selama 2 hari yaitu hari Senin sebagai hari normal dan hari Kamis sebagai hari Uroe Peukan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan metode yang ada pada MKJI 1997. Berdasarkan penelitian diketahui nilai derajat kejenuhan tertinggi selama berlangsungnya kegiatan Uroe Peukan di Matang Geulumpang Dua yaitu 0,24 untuk arah Banda Aceh – medan dan 0,75 untuk ruas Medan - Banda Aceh yang terjadi pada jam 17.00-18.00. Tingkat pelayanan Jalan Baiturrahman untuk Ruas Banda Aceh – Medan adalah B baik kondisi hari normal maupun kondisi Uroe Peukan. Tingkat pelayanan Jalan Baiturrahman ruas Medan – Banda Aceh mengalami penurunan dari B menjadi D. Penurunan tingkat pelayanan pada ruas Jalan Baiturrahman terjadi akibat meningkatnya aktivitas hambatan samping saat Uroe Peukan seperti terdapat on-street parking, pejalan kaki, kendaraan yang bermanuver dan pedagang kaki lima (PKL) sehingga kapasitas jalan yang dilalui semakin kecil. Kata Kunci: Kinerja jalan, kapasitas jalan, derajat kejenuhan, M

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA KINERJA JALAN TERHADAP KEGIATAN UROE PEUKAN PADA JALAN BANDA ACEH - MEDAN, GEURUGOK KABUPATEN BIREUEN (ZARKASYI, 2016)

STUDI DAMPAK LALU LINTAS KAWASAN AKIBAT PEMBANGUNAN JALAN LAYANG (FLYOVER) SIMPANG SURABAYA DAN JALAN LINTAS BAWAH (UNDERPASS) KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (DEDEK ARIANSYAH, 2017)

ANALISIS DAMPAK BEBAN BERLEBIH KENDARAAN TERHADAP UMUR RENCANA PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS JALAN NASIONAL LINTAS TIMUR ACEH) (Syafriana, 2015)

KAJIAN LAIK FUNGSI JALAN PADA JALAN NASIONAL (STUDI KASUS RUAS JALAN NASIONAL BATAS KOTA SIGLI - BEUREUNUEN) (TEUKU ZULHADI, 2016)

ANALISA KINERJA JALAN BLANGKEJEREN - KUTACANE (STUDI KASUS STA 476+000 S/D STA 477+000) (Kausar Hidayat, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy