//

HUBUNGAN RESILIENSI MASYARAKAT DENGAN DISASTER PREPAREDNESS DI DESA BLANG KRUENG KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUTIA SARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN Skripsi 15 Juli 2016 XVhalaman + VI BAB + 80 halaman + 19 tabel + 1 skema + 19 lampiran MUTIA SARI NIM. 1207101020001 HUBUNGAN RESILIENSI ,MASYARAKAT DENGAN DISASTER PREPAREDNESS DI DESA BLANG KRUENG KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR ABSTRAK Bencana tsunami Aceh tahun 2004 merupakan suatu kejadian luar biasa yang tidak hanya berdampak pada materi namun juga berdampak pada psikologis korban bencana. Seiring berjalannya waktu masyarakat mulai melupakan kejadian traumatik tersebut bahkan banyak dari masyarakat yang masih bertempat tinggal dan membangun rumah di pinggir pantai keadaan ini dipengaruhi oleh tingkat disaster preparedness masyarakat yang masih kurang, untuk itu diperlukan resiliensi yang baik agar dapat meningkatkan disaster preparedness yang lebih baik. Resiliensi terbukti mempengaruhi tingkat ketenangan individu pada saat bencana sehingga akan meningkatkan disaster preparedness individu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan resiliensi masyarakat dengan disaster preparedness di Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 04 juni sampai dengan 14 juni di Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini kepala keluarga di Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar sebanyak 901. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan angket pada responden dalam bentuk dichotomous choice yang terdiri dari 35 pertanyaan. Metode analisis data menggunakan uji statistic chi-squere. Hasil penelitian didapat ada hubungan antara aspek resiliensi regulasiemosi (p-value 0,000), pengendalian impuls (p-value 0,012), optimisme (p-value 0,009), causal analysis(p-value 0,005), empati (p-value 0,006), efikasi diri (p-value 0,004), reaching out (p-value 0,010) dengan disaster preparedness di Desa Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Diharapkan pada pemerintah, keluarga serta masyarakat untuk dapat meningkatkan resiliensi dengan demikian disaster preparedness masyarakat dapat lebih di tingkatkan terutama masyarakat yang masih rawan bencana khususnya Blang Krueng Kecamatan Baitussalam Aceh Besar. Kata kunci : Resiliensi, disaster preparedness, Daftarbacaan : 15 buku + 8 skripsi + 19 jurnal + 3 internet (2000-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU MASYARAKAT TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT FILARIASIS DI DESA BLANG KRUENG KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Julia Novita Astri, 2016)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN MASYARAKAT DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA DI DESA LAMBUNG KOTA BANDA ACEH (Zulfan, 2015)

KESIAPSIAGAAN PEREMPUAN KAMPUNG PERSAHABATAN INDONESIA-TIONGKOK KECAMATAN MESJID RAYA ACEH BESAR TERHADAP ANCAMAN BENCANA TANAH LONGSOR (Nova Maulida, 2017)

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENTANG KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA SISWA SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT ATAS DI KECAMATAN WIH PESAM KABUPATEN BENER MERIAH (Tri Wahyudi, 2015)

HUBUNGAN HOSPITAL DISASTER PLAN DENGAN HOSPITAL PREPAREDNESS DALAM PENANGGULANGAN BENCANA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Lia Adriyani Siregar, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy