//

PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS XI SMAN 8 BANDA ACEH PENERAPAN STRATEGI BELAJAR MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS XI SMAN 8 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Lia Zaradiva - Personal Name

Abstrak/Catatan

Telah dilakukan penelitian tentang Penerapan Strategi Belajar Mind Map terhadap Hasil Belajar dan aktivitas belajar pada materi Sistem Gerak pada Manusia di SMAN 8 Banda Aceh pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil belajar dan aktivitas belajar siswa setelah diterapkan strategi pembelajaran Mind Map pada materi Sistem Gerak pada Manusia. Rancangan penelitian one group pretest-post-test design. Pengambilan sampel digunakan dengan menggunakan teknik Purposive sampling. Sampel penelitian berjumlah 34 siswa. Parameter dalam penelitian ini berupa hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Hasil belajar diukur sebanyak 2 kali, yaitu dengan melakukan pretest dan post-test. Analisis data dengan menggunakan N-gain dan uji t. Aktivitas belajar siswa diukur dengan menggunakan lembar observasi. Pengelolaan data aktivitas siswa secara deskriptif. Hasil uji t untuk hasil belajar diperoleh t_(hitung )> t_tabel atau 1,96 > 1,69, dengan asumsi terima Ho bila t_(hitung )< t_tabel dan tolak Ho bila t_(hitung )> t_tabel pada taraf signifikan 0,05. Aktivitas belajar siswa menunjukkan persentase 61,33% atau berada pada kategori cukup. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi belajar Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia di SMAN 8 Banda Aceh. Kata Kunci: Mind Map, Hasil Belajar, Aktivitas belajar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL MIND MAPPING BERBASIS MEDIA MINDJET MINDMANAGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ANALIS VEKTOR UNTUK GERAK DI SMAN.12 BANDA ACEH (Adhisty Radina, 2016)

PENINGKATAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITASBELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TORSO DAN GAMBAR DALAM MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA DI KELAS VIII-A SMP NEGERI 2 SYAMTALIRA ARON KABUPATEN ACEH UTARA (Sulaiman, 2014)

PENERAPAN METODE MIND MAPPING PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Maulidar, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA RNPADA PELAJARAN IPS MATERI PERKEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI WILAYAH INDONESIA DI KELAS VI RNSD NEGERI 16 BANDA ACEH (Ibrahim, 2015)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MOTIVASI ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA NEGERI 1 SUKAMAKMUR, ACEH BESAR. (Tri Tahirah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy