//

PAKAIAN OLAHRAGA RENANG DALAM PANDANGAN ISLAM DARI PEMAHAMAN ULAMA DAYAH MARKAZ AL-ISHLAH AL-AZIZIYAH LUENG BATA KOTA BANDA ACEH 2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Anwar Ridha, S.Pd - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: pakaian renang, dalam Islam Penelitian yang berjudul “Pakaian Olahraga Renang Dalam Pandangan Islam Dari Pemahaman Ulama Dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah Lueng Bata Kota Banda Aceh Tahun 2015” ini mengangkat masalah bagaimana pemahaman ulama dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah terhadap pakaian olahraga renang dalam pandangan Islam. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pakaian renang yang layak digunakan pada saat berenang agar tidak melanggar syari’at Islam. Subjek penelitian ini adalah seorang pimpinan dayah, dan dua orang tenaga pengajar (Teungku) di dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menunjukkkan bahwa pakaian olahraga renang hukumnya haram digunakan di tempat umum yang bercampur antara laki-laki dan perempuan, karena terbuka aurat (bagian tubuh yang wajib ditutup) dan membentuk tubuh. Walaupun Saat ini telah ada pakaian olahraga renang yang mengatasnamakan Islami, tetap difatwakan haram karena akan membentuk tubuh saat basah, maka dari hasil analisis pengolahan data melalui dokumentasi atau narasi, penulis menyimpulkan bahwa berenang yang sesuai dalam pandangan Islam adalah berenang di tempat khusus yang memisahkan antara laki-laki dan perempuan. Kita yang merasa ummat Nabi Muhammad SAW. untuk senantiasa berpegang teguh dengan syari’at Islam karena berenang merupakan hal yang sunnah bila bertujuan baik dan bukan merupakan sesuatu amal yang wajib dan bisa ditinggalkan bila dalam pelaksanaan harus menentang syari’at Islam.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RESILIENSI PADA REMAJA LAKI-LAKI KORBAN KONFLIKDI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMMARKAZ AL ISHLAH AL-AZIZIYAH, LUENG BATA (Sammy Khalifa, 2014)

PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP KETERLIBATAN ULAMA DAYAH DALAM POLITIK PRAKTIS DI ACEH BESAR (Bukhari, 2016)

UJI BAKTERIOLOGIS PADA AIR MINUM ISI ULANG DI DUA DESA (LEUNG BATA DAN PANTERIEK) KECAMATAN LUENG BATA KOTA BANDA ACEH (Yuliza Azella, 2017)

PEMAKAIAN BUSANA RENANG REMAJA PUTRI DI KOLAM RENANG TIRTA RAYA BANDA ACEH (Ariska Firza, 2018)

PERANCANGAN STADION RENANG ACEH TEMA : ARSITEKTUR TRANSFORMASI (Putri Rumdarni, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy