//

CHRYSOMYA BEZZIANA PENYEBAB KEJADIAN MYIASIS DAN PENANGGULANGANYA DI PUSKESWAN BUKLOH (SIBREH) ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmatul Hidayat - Personal Name

Abstrak/Catatan

Chrysomya Bezziana Penyebab Kejadian Myiasis Dan Penanggulangannya Di Puskeswan Bukloh (Sibreh) Aceh Besar Rahmatul Hidayat 1302001010030 ABSTRAK Koleksi larva Chrysomya bezziana dan kasus myiasis di Aceh besar dilakukan di Sibreh, Simpang Tiga, Suka Makmur, Ingin Jaya. Tujuan studi ini adalah untuk membuat peta genetik populasi Chrysomya bezziana di Indonesia dan untuk mengetahui dinamika kasus myiasis di peternakan rakyat di daerah kabupaten Aceh Besar. Pemantauan kasus myiasis pada peternakan rakyat dilakukan selama 2 bulan dan bekerjasama dengan pos-pos Kesehatan Hewan Dinas Peternakan di enam kecamatan di kabupaten Aceh Besar. Hasil studi menunjukkan bahwa banyak pengobatan dilapangan yang telah dilakukan pada ternak yang terinfeksi myiasis dinyatakan sembuh. Penyebab utama penyakit myiasis di Aceh adalah larva Chrysomya bezziana. Dari kasus yang di dapat bahwa sapi yang terinfeksi di lapangan memperlihatkan daerah permukaan tubuh yang terinfeksi myiasis ini adalah daerah kepala, muka, sekitar moncong, dilipatan kuping, bagian leher, paha, vulva, kelenjar mamae dan kuku kaki. Penyakit myiasis ini menyerang semua ternak jantan dan betina pada semua umur. Dari hasil studi ini dapat disimpulkan bahwa, pencegahan myiasis harus meminimalisir kontak langsung dengan vector, kebersihan ternak dan bahan baku pembuatan kandang yang digunakan harus meminimalisir terjadinya luka pada ternak. Kata Kunci: Chrysomya bezziana, Myiasis, Aceh, Sibreh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KASUS SKABIOSIS PADA KAMBING PERANAKAN ETAWA (PE) DI PUSKESWAN BUKLOH KABUPATEN ACEH BESAR (Zulfan, 2017)

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBUNTINGAN MENGGUNAKAN INSEMINASI BUATAN (IB) STRAW SAPI ACEH DI WILAYAH LAYANAN PUSAT KESEHATAN HEWAN BUKLOH KABUPATEN ACEH BESAR (Raisa Mauliza Riska, 2018)

PENANGANAN PENYAKIT ECTHYMA CONTAGIOSA (ORF) PADA KAMBING KACANG DI PUSKESWAN BUKLOH ACEH BESAR (M. NAZARUDDIN R, 2017)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR INTRINSIK CERITA RAKYAT SISWA KELAS V SDN UNGGUL SIBREH ACEH BESAR (masdalena, 2014)

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI KELAS III SD NEGERI SIBREH ACEH BESAR (Utari Suhera, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy