//

PENGARUH PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI GERAK MELINGKAR KELAS X IA DI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Novi Kayati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Rendahnya aktifitas belajar siswa di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Penelitian berjudul “Pengaruh Pendekatan Brain Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Gerak Melingkar Kelas X IA di SMA Negeri 4 Banda Aceh” ini bertujuan untuk melihat pengaruh positif pendekatan Brain Based Learning terhadap keterampilan proses sains siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IA di SMA Negeri 4 Banda Aceh yang terdiri dari 5 kelas dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 33 orang sebagai kelas eksperimen dan 29 orang sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes awal dan tes akhir, pengolahan data dengan menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menggunakan uji t dua sampel independen menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa yang menggunakan pendekatan Brain Based Learning lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pendekatan Brain Based Learning berpengaruh positif terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi gerak melingkar kelas X IA di SMA Negeri 4 Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian disarankan untuk guru mata pelajaran fisika agar menerapkan pendekatan pembelajaran ini pada materi yang berbeda. Kata kunci : Pendekatan pembelajaran, Brain Based Learning, Pengaruh, Keterampilan proses sains siswa, gerak melingkar

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA EKSPERIMEN ELEKTROLISIS SISWA KELAS XII IA DI SMA NEGERI 1 BANDA ACEH (Nanda Maulidia, 2018)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI MTSN RUKOH KOTA BANDA ACEH (Wahyu Rizki, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (RIZKA ULFIA, 2016)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING PADA MATERI CAHAYA DAN OPTIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Nasriah, 2015)

PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN GEOGRAFI BERBASIS BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKANRNHASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1RNSMA NEGERI 1 BANDA ACEH (ROZA SILVIA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy