//

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 LABUHAN HAJI TIMUR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SARAH FEBRIANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Konvesional, Sistem Persamaan Linear Dua variabel Tujuan pendidikan matematika salah satunya adalah siswa mampu memecahkan masalah matematika yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperolehnya Strategi yang relevan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah model pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah merupakan model pembelajaran yang menghadapkan siswa pada permasalahan nyata dan dapat melatih siswa berpikir kritis. Materi Sistem persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) merupakan materi yang sering dijumpai dalam kehidupan nyata siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran berbasis masalah digunakan untuk mengajarkan materi SPLDV dengan harapan memberi pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang di ajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari pada peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di kelas VIII SMP Negeri 3 Labuhan haji Timur. Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dengan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 3 Labuhan haji Timur.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Negeri 3 Labuhan Haji Timur. Penelitian yang dilakukan berupa penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Sampel diambil secara random sebanyak dua kelas yaitu, kelas VIII1 sebagai kelas eksprimen sedangkan kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Dianalisis dengan statistik uji-t satu pihak pada taraf signifikan α = 0.05. Berdasarkan hasil analisis data terhadap N-Gain skor kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh = 1,9 dan = 1.67 atau > yaitu 1,9 > 1.67, hal ini berarti H0 ditolak. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari siswa yang mendapat pembelajaran konvensional pada materi SPLDV. Kelas eksperimen menghasilkan nilai rata-rata 0.48, sedangkan kelas kontrol mencapai nilai rata-rata 0.36.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL POLYA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (ANGGUN SUCI SYAFITRI, 2015)

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH OTENTIKRNDALAM MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABELRNKELAS VIII SMP NEGERI 17 BANDA ACEHRNTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Marchilla Ramadhana Murni, 2015)

KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LABUHAN HAJI MENENTUKAN POKOK-POKOK BERITA BERDASARKAN UNSUR 5W+1H (Ria Sastra Nur, 2015)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TIMUR (Sri Utami, 2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (Cut Yuniza Eviyanti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy