//

MODEL TARIKAN PERGERAKAN KENDARAAN PADA PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfi Salmannur - Personal Name
SubjectTRANSPORTATION ENGINEERING
SHOPPING CENTER
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

MODEL TARIKAN PERGERAKAN KENDARAAN PADA PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA BANDA ACEH Oleh: Nama: Alfi Salmannur NIM: 1309200060052 Komisi Pembimbing: 1. Dr. Ir. M. Isya, MT 2. Dr. Renni Anggraini, M. Eng. ABSTRAK Pusat perbelanjaan merupakan salah satu jenis pemanfaatan tata guna lahan yang akan menimbulkan tarikan pergerakan kendaraan. Tarikan pergerakan kendaraan yang terjadi pada pusat perbelanjaan di kota Banda Aceh akan menimbulkan dampak lalu-lintas terhadap sistem jaringan jalan yang ada disekitarnya. Untuk mengantisipasi permasalahan tersebut perlu dilakukan suatu studi untuk memodelkan tarikan pergerakan kendaraan yang terjadi di kawasan fasilitas perbelanjaan tersebut. Model tarikan pergerakan tersebut mengaitkan hubungan antara jumlah tarikan pergerakan kendaraan dengan faktor internal yang mempengaruhi besarnya jumlah tarikan pergerakan kendaraan dan dapat memperlihatkan berapa besar tarikan pergerakan kendaraan yang terjadi saat ini maupun mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model hubungan statistik antara besarnya tarikan kendaraan sepeda motor dan mobil penumpang dengan parameter pusat perbelanjaan. Lokasi penelitian dilakukan di 6 (enam) pusat perbelanjaan di kota Banda Aceh yaitu: Hermes Palace Mall, Suzuya Mall, Barata Shopping Center, komplek Sinbun, Pasar Aceh Baru dan Pante Pirak Sp. 5. Parameter dalam penelitian ini dicerminkan oleh luas bangunan, luas tanah, luas lahan parkir, jumlah gerai, jumlah karyawan dan jumlah kasir. Pengolahan data menggunakan metode analisis regresi berganda, model-model yang dihasilkan kemudian di uji secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan persamaan untuk tarikan sepeda motor Y1 = 51,267 + 0,286X6 dengan variabel X6 adalah jumlah kasir dan tarikan mobil penumpang menghasilkan Y2 = 26,003 + 0,002X2 dengan variabel X2 adalah luas tanah. Kata Kunci : Tarikan Pergerakan, fasilitas pusat perbelanjaan, model, Regresi linier berganda.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ACEH UTARA SHOPPING CENTER (Syarif Wahyu Shafarza, 2015)

MODEL TARIKAN PERGERAKAN KE KAMPUS (STUDI KASUS : UNIVERSITAS TEUKU UMAR, MEULABOH) (muzakar, 2015)

PENGARUH BERDIRINYA PUSAT PERBELANJAAN MODERN TERHADAP SOSIAL EKONOMI DAN PERILAKU MASYARAKAT BANDA ACEH (STUDI KASUS SUZUYA MALL) (Arif Hadi, 2016)

ANALISIS TARIKAN PERGERAKAN MENUJU UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH (MULIA RAHMAN, 2013)

EVALUASI KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR PADA PUSAT PERBELANJAAN BARATA BANDA ACEH (Johan Pahla. S, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy