//

PENGETAHUAN DAN PERAN KADER POSYANDU TENTANG GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUHAMMAD SAYUTHI - Personal Name

Abstrak/Catatan

vii KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA FAKULTAS KEPERAWATAN SKRIPSI 21 Juli 2016 xv + VI Bab + 83 halaman + 6 tabel + 1 skema + 16 lampiran MUHAMMAD SAYUTHI 1207101020129 PENGETAHUAN DAN PERAN KADER POSYANDU TENTANG GIZI BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2016 ABSTRAK Secara nasional status gizi anak di berbagai daerah di Indonesia masih menjadi masalah. Ada tidaknya masalah gizi anak di suatu daerah tidak jauh dari pengetahuan dan peran kader posyandu. Kader bekerja secara sukarela ditunjuk dan di angkat berdasarkan kepercayaan dan persetujuan masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan dan peran kader posyandu tentang gizi balita diwilayah kerja Puskesmas Darussalam Kabupaten Aceh Besar tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif melalui pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 154 dengan jumlah sampel 67 orang yang diambil dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 23-27 Juni 2016 di wilayah kerja Puskesmas Darussalam Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan metode wawancara terpimpin dengan total 39 item pernyataan. Data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan analisa univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan kader posyandu berada pada kategori baik dengan frekuensi 47 responden (70,1%), dan peran kader posyandu berada pada kategori baik dengan frekuensi 62 responden (92,5%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan kepada Puskesmas Darussalam untuk terus memberikan pelatihan kepada kader posyandu terkait masalah gizi yang mungkin terjadi pada balita sehingga peran kader tetap berjalan dengan efektif. Kata kunci : Pengetahuan, peran kader, posyandu, status gizi, balita. Daftar bacaan : 21 buku + 4 jurnal + 8 skripsi + 6 website (2003-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI KOMPARATIF KINERJA KADER POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BLANG BINTANG DENGAN WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM (SARINI VIVI YANTI, 2016)

PERAN KADER DALAM KEGIATAN POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Pathul Barri, 2016)

HUBUNGAN KEPATUHAN KUNJUNGAN POSYANDU DENGAN STATUS GIZI BALITA DI DESARNPUNGE BLANG CUT BANDA ACEHRNTAHUN 2012 (Hernawati, 2014)

FAKTOR–FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI IBU MEMBAWA BALITA KE POSYANDU DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR TAHUN 2012 (RITA JUMIATI, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVASI IBU-IBU YANG MEMPUNYAI BALITA TENTANG PROGRAM POSYANDU DENGAN STATUS GIZI BALITA DIKECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Cut Nafitri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy