//

PERAN PERAWAT DALAM PENANGANAN DEFISIT PERAWATAN DIRI PADA PASIEN GANGGUAN JIWA DI BADAN LAYANAN UMUM DAERAH RUMAH SAKIT JIWA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang siti rahmalia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Defisit perawatan diri merupakan keadaan di mana individu mengalami suatu kerusakan fungsi motorik atau kognitif, yang menyebabkan penurunan kemampuan untuk melakukan aktivitas perawatan diri yang merupakan gejala negatif dari pasien gangguan jiwa. Perawat jiwa sangat berperan penting dalam penanganan masalah perawatan diri pada individu yang mengalami disabilitas karena gangguan jiwa. Tujuan penelitian untuk mengetahui peran perawat dalam penanganan defisit perawatan diri pada pasien gangguan jiwa di BLUD RSJ Aceh yang di lakukan pada tanggal 26 sampai dengan 28 Juni 2016. Jenis penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Populasinya seluruh perawat pelaksana yang bekerja di BLUD RSJ Aceh berjumlah 124 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dan propotional sampling, berjumlah 60 responden. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan metode pembagian angket dan menggunakan analisis distribusi frekuensi untuk mengetahui frekuensi dan persentase. Hasil penelitian diketahui bahwa: peran perawat sebagai pendidik berada pada kategori baik yaitu 38 responden (63,3%), peran perawat sebagai pemberi asuhan keperawatan berada pada kategori baik dan kurang berjumlah 30 responden (50%). Diharapkan kepada perawat di BLUD RSJ Aceh dapat meningkatkan lagi peran perawat dalam penanganan defisit perawatan diri pada pasien gangguan jiwa sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan dan meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan kemajuan profesi keperawatan. Kata kunci : gangguan jiwa, defisit perawatan diri, peran perawat Daftar Bacaan : 30 buku (2000-2015), 5 skripsi (2008-2015), 1 tesis (2009), 5 sumber online (2012-2015), 2 jurnal (2012-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERANCANGAN RUMAH SAKIT JIWA ACEH TEMA : NATURALLY HEALTY (Fahzul Kabir, 2017)

KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP PASIEN DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (GEBBY DESZA ANANDA, 2018)

ASUPAN MAKANAN HARIAN PASIEN PENDERITA GANGGUAN JIWA YANG DISAJIKAN PIHAK RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Muliana, 2016)

ANALISIS KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DALAM PEMULIHAN PASIEN GANGGUAN JIWA DI RUMAH SAKIT JIWA ACEH (Cut Putri Meliza, 2017)

INTERAKSI DAN KOMUNIKASI PERAWAT DENGAN PASIEN GANGGUAN JIWA (STUDI PADA RUMAH SAKIT JIWA ACEH, BANDA ACEH ) SKRIPSI (Riza Trisnawati, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy