//

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS BURSA FABRICIUS PADA AYAM BROILER SETELAH VAKSINASI DENGAN VAKSIN VIRUS NEWCASTLE DISEASE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurjannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan mengetahui efek vaksin virus Newcastle disease (VND) terhadap gambaran histopatologis bursa Fabricus ayam broiler pada berbagai tingkat umur. Sebanyak 18 ekor DOC dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok kontrol (diberikan aquadest) dan kelompok perlakuan (diberikan vaksin VND yaitu vaksin ND LaSota secara tetes mata sebanyak 1 tetes per mata pada hari ke-3, kemudian dilakukan ulangan pada hari ke-13 melalui air minum). Bursa Fabricius dikoleksi dari ayam tersebut pada saat umur 14 hari, 21 hari, dan 28 hari setelah ayam dinekropsi, kemudian dibuat preparat histopatologi menggunakan pewarnaan hematoksilin eosin. Parameter yang diamati adalah jumlah, diamater, dan ketebalan korteks folikel limfoid. Data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif dengan uji lanjut unpaired t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan vaksin VND memberikan efek yang tidak berbeda nyata (P>0,05) terhadap jumlah dan diamater folikel limfoid. Pada kelompok perlakuan, ayam broiler umur 14 hari memiliki jumlah folikel limfoid cenderung menurun, sedangkan diameternya cenderung bertambah dan tebal korteks juga tampak tidak berubah dibandingkan dengan kontrol. Kemudian pada umur 21 hari, jumlah, diamater, dan tebal folikel limfoid cenderung bertambah, sedangkan pada umur 28 hari diameter folikel limfoid cenderung sedikit berkurang, namun jumlah dan ketebalannya cenderung bertambah daripada kontrol. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa vaksin VND memberikan efek yang baik terhadap bursa Fabricius ayam broiler seiring pertambahan umur, namun hasil yang lebih baik dibandingkan kelompok umur yang lain adalah pada saat berumur 21 hari.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS BURSA FABRICIUS AYAM BROILER SETELAH DIVAKSIN DENGAN VAKSIN VIRUS AVIAN INFLUENZA (AI) (Nursaida Nasution, 2016)

GAMBARAN MIKROSKOPIS TIMUS AYAM BROILER SETELAH VAKSINASI DENGAN VAKSIN VIRUS NEWCASTLE DISEASE (MELLA RISKY PRIMA, 2016)

PENGARUH TINGKAT KEPADATAN POPULASI DALAM KANDANG TERHADAP PENURUNAN BERAT DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS BURSA FABRICIUS AYAM BROILER (Syahputri Zakiyah Dahri, S.KH, 2014)

DETEKSI TITER ANTIBODI VIRUS NEWCASTLE DISEASE(ND) PADA AYAM ALPU DAN KAMARAS (Fitria Sastra Mita, 2017)

GAMBARAN HISTOPATOLOGIS TIMUS AYAM BROILER SETELAH DIVAKSIN DENGAN VAKSIN AVIAN INFLUENZA (AI) (NELLY KARTIKA HSB, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy