//

DUKUNGAN KELUARGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK DISABILITAS MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) LABUI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MAULIZA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Keluarga adalah lingkungan terdekat dan utama dalam kehidupan anak. Dalam kenyataannya, anak disabilitas yang memperoleh dukungan keluarga dan lingkungan yang baik mampu menunjukkan prestasi yang tidak kalah gemilang baik dalam bidang pendidikan formal maupun keterampilan sehingga anak tersebut mampu mandiri dalam kehidupannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dukungan keluarga dalam peningkatan keterampilan anak disabilitas mental di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri (SDLBN) Labui Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif dengan populasi seluruh keluarga yang memiliki anak mental di SDLBN Labui Banda Aceh dan pengumpulan data dilakukan pada tanggal 27 Mei sampai 4 Juni 2016. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah total sampling, sebanyak 42 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian didapatkan dari 42 responden, sebanyak 54,8% mendapatkan dukungan keluarga yang kurang, sehingga dapat disimpulkan dukungan keluarga dalam peningkatan keterampilan anak disabilitas mental berada pada kategori kurang. Perawat puskesmas diharapkan dapat memberikan informasi atau cara kepada keluarga untuk meningkatkan dukungan keluarga khususnya dukungan emosional keluarga dan dukungan instrumental keluarga sehingga keluarga dapat membantu dan membimbing anak agar dapat meningkatkan keterampilan yang dimilikinya. Kata Kunci : Dukungan keluarga, keterampilan, disabilitas mental Daftar Bacaan : 26 buku, 2 sumber online, 13 jurnal (2000-2016)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN KELUARGA DALAM MEMANDIRIKAN ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) LABUI BANDA ACEH (TIARA AYU, 2016)

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PENYANDANG DISABILITAS FISIK DI SLB KOTA BANDA ACEH (Sri Jarmitia, 2014)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KELUARGA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB RNLABUI KECAMATAN BAITURRAHMANRNKOTA BANDA ACEH (Inka Adera, 2014)

PERANCANGAN SEKOLAH LUAR BIASA DI BANDA ACEH TEMA: ARSITEKTUR PERILAKU (Elfira Safitri, 2017)

GAMBARAN KONSEP DIRI KELUARGA YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA BANDA ACEH (Julianti, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy