//

PERAN KELUARGA DALAM MEMANDIRIKAN ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) LABUI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TIARA AYU - Personal Name

Abstrak/Catatan

Peran keluarga merupakan hal yang paling dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak retardasi mental dalam kehidupannya khususnya dalam tingkat kemandiriannya dikarnakan dalam kondisi ini anak lebih banyak bergantung pada orang tuanya dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran peran keluarga dalam memandirikan anak retardasi mental di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri (SDLBN) Labui Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan desain cross sectional study. Populasi yang diambil adalah seluruh orang tua khususnya ibu yang mempunyai anak retardasi mental di SDLBN Labui Banda Aceh berjumlah 42 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, alat ukur berbentuk kuesioner dengan metode wawancara terpimpin, yang dilaksanakan pada tanggal 27 Mei sampai tanggal 04 Juni 2016 di SDLBN Labui Banda Aceh. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran keluarga dalam memandirikan anak retardasi mental di SDLBN Labui Banda Aceh berada pada kategori kurang sebesar (57,1%), dimana secara umum semua sub variabel juga berada pada kategori kurang yaitu peran formal keluarga (52,4%) dan peran informal keluarga (52,4%). Diharapkan bagi para guru di SDLBN Labui Banda Aceh untuk meningkatkan penyuluhan dengan cara mengajarkan cara memandirikan anak dan tentang pentingnya peran keluarga dalam memandirikan anak retardasi mental. Kata kunci : Peran Keluarga, Retardasi mental, Kemandirian Daftar Bacaan : 30 Buku (1995-2014) + 4 jurnal (2000-2011) + 5 Skripsi (2012-2015) + 3 website (2012-2015)

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU KELUARGA DALAM PENGEMBANGAN POTENSI ANAK RETARDASI MENTAL DI SDLB RNLABUI KECAMATAN BAITURRAHMANRNKOTA BANDA ACEH (Inka Adera, 2014)

DUKUNGAN KELUARGA DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN ANAK DISABILITAS MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI (SDLBN) LABUI BANDA ACEH (MAULIZA, 2016)

PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING OLEH GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDLB LABUI BANDA ACEH (Kalyuddin, 2013)

KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU DAN MURID PENYANDANG AUTISME (STUDI DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI SDLBN KABUPATEN BIREUEN) (Fajri Agustin, 2017)

GAMBARAN PERTUMBUHAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH DASAR LUAR BIASA DI BANDA ACEH (Novi Rista Ananda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy